Perbedaan Teknik Informatika dan Sistem Informasi

Perbedaan Teknik Informatika dan Sistem Informasi

Masterpendidikan.com – Saat anda baru akan masuk ke perguruan tinggi dan sudah memutuskan untuk mengambil jurusan tentang komputer tetapi anda bingung memilih Teknik Informatika atau Sistem Informasi? Berikut ini kami jelaskan Perbedaan Teknik Informatika dan Sistem Informasi agar anda tidak bingung dan salah memilihnya.

Teknik Informatika dan Sistem Informasi adalah dua hal yang berbeda. Jadi jangan sampai kalian dibingungkan ketika memilih mana yang sesuai diantara keduanya. Akibatnya anda malah kesulitan saat benar-benar akan terjun dalam perkuliahan itu sendiri jika anda salah memilih.

Supaya anda tidak bingung lagi, kami akan menjelaskan tentang kedua jurusan tersebut supaya anda bisa memahaminya dengan jelas.

Perbedaan Teknik Informatika dan Sistem Informasi

Teknik Informatika

Teknik informatika memiliki nama lain computer science. Mahasiswa akan belajar bagaimana mengembangkan teknologi untuk menciptakan sesuatu yang berguna bagi masa mendatang. Jika dibagi lagi secara lebih spesifik, maka bagian yang nantinya akan dipelajari adalah terkait robotic, sistem intelegensi, dan lain sebagainya. Secara sederhana, teknik informatika ini akan membahas mengenai bagaimana membuat teknologi yang lebih maju.

Jadi kesimpulannya Teknik Informati adalah akan cenderung ke bagian hadware (Perangkat Keras). Namun Sesekali, anda juga akan bertemu dengan bahasan programming dengan “bahasa mesin”.

Sistem Informasi

Sistem informasi merupakan sebuah jurusan yang bertujuan untuk mengembangkan teknologi. Mahasiswa akan lebih berfokus untuk menggabungkan teknologi dan bisnis agar bisa saling berkesinambungan satu sama lain.

Nama lain dari jurusan ini antara lain adalah Manajemen Informatika, Manajemen Sistem Informasi, Sistem Informasi Manajemen. Para mahasiswa yang memilih jurusan ini akan mendapatkan edukasi tentang bagaimana mengintegrasikan penerapan teknologi informasi untuk memenuhi kebutuhan bisnis.

BACA JUGA :   Pengertian, Fungsi, Dan Tujuan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Beserta Contohnya

Jadi kesimpulannya Sistem Informasi lebih cenderung ke bagian pemograman, seperti menganalisa data, menganalisa program (bukan membuat program). Menekankan kemampuan dalam merancang, mengembangkan, dan menerapkan sistem informasi organisasi.

Namun pada kenyataannya, dan dari pengalaman penulis sendiri, jurusan sistem informasi ini tetap diharuskan untuk membuat program untuk skripsi.

Demikianlah artikel mengenai perbedaan kedua jurusan ini, semoga anda tidak salah dalam memilih jurusan kuliah. Pahami terlebih dahulu jurusan kuliah yang akan anda ambil sebelum anda memutuskannya. Dan tentunya juga pilihlah jurusan kuliah yang sesuai kemampuan dan keinginan anda agar nanti nya anda tidak kesusahan saat skripsi tugas akhir. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: admin