Pengertian Kabel UTP

Pengertian-Kabel-UTP

Pengertian Kabel UTP – Di kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Kabel UTP. Apa itu UTP dan apa kegunaannya, untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan simak ulasan berikut

Pengertian Kabel UTP

Pengertian-Kabel-UTP

UTP singkatan dari Unshielded Twisted Pair. Kabel UTP merupakan kabel yang bisa digunakan untuk membuat jaringan komputer. Kabel UTP sendiri terbuat dari bahan tembaga, memiliki isolasi dari plastik dan dibungkus oleh bahan isolasi yang bisa melindungi kabel dari api dan juga kerusakan fisik, kabel ini terdiri dari 4 pasang inti kabel yang saling berbelit, dimana masing-masing pasangnya mempunyai kode warna yang berbeda.

Kabel Twisted Pair Cable terbagi kedalam 2 (dua) jenis, yaitu Shielded dan Unshielded. Shielded merupakan jenis dari kabel UTP yang mempunyai selubung pembungkus, dan sedangkan unshielded merupakan jenis yang tidak mempunyai selubung pembungkus. Untuk koneksi kabel jenis ini menggunakan konektor RJ-45 atau RJ-11.

Fungsi Dari Kabel UTP

Fungsi dari kabel UTP sendiri yaitu dapat dipergunakan sebagai kabel dalam jaringan Local Area Network “LAN” (Jaringan Lokal) pada sistem network (jaringan komputer) dan pada umumnya kabel UTP ini memiliki impedansi kurang lebih 100 Ohm, dan dibagi menjadi kedalam beberapa kategori yang berdasarkan kemampuannya sebagai pengantar data.

Jenis-jenis Dari Kabel UTP

Berikut ini jenis-jenis dari kabel UTP yaitu :

CAT 1 (Kabel UTP Category 1)

Jenis kabel UTP memiliki kualitas transmisi yang paling rendah, dan didesain dalam mendukung komunikasi suara analog saja.

BACA JUGA :   Cara Tepat Memilih Tema WordPress Terbaik

CAT 2 (Kabel UTP Category 2)

Jenis kabel UTP memiliki kualitas transmisi yang lebih baik jika dibandingkan dengan kabel UTP Cat1, jenis kabel ini didesain dalam mendukung komunikasi data dan suara digital. Kabel ini dapat mentransmisikan data sampai 4 (empat) megabit / detik.

CAT 3 (Kabel UTP Category 3)

Jenis kabel UTP memiliki kualitas transmisi yang lebih baik jika dibandingkan dengan kabel UTP Category 2, jenis kabel ini didesain dalam mendukung komunikasi data dan suara pada kecepatan hingga 10 (sepuluh) megabit / detik.

Cat 4 (Kabel UTP Category 4)

Jenis kabel UTP memiliki kualitas transmisi yang lebih baik jika dibandingkan dengan kabel UTP Category 3 atau sebelumnya, kabel ini didesain dalam mendukung komunikasi data dan suara hingga kecepatan 16 megabit / detik.

Cat 5 (Kabel UTP Category 5)

Jenis kabel UTP memiliki kualitas transmisi yang lebih baik jika dibandingkan dengan kabel UTP Category 4 atau yang sebelumnya, kabel ini didesain untuk mendukung komunikasi data dan komunikasi suara pada kecepatan hingga 100 megabit/detik.

Cat 6 (Kabel UTP Category 6)

Jenis standar untuk kabel UTP dengan sertifikasi resmi yang paling tinggi.

Cat 7 (Kabel UTP Category 7)

Jenis kabel premium yang sangat cocok sebagai media yang high traffic di berbagai macam aplikasi dalam 1 kabel “single cable”, maksimum data yang terkirim hingga 10 Gbit/detik, dengan frekuensi 1000 Mhz.

Sekian penjelasan dari kami tentang Kabel UTP, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka