Pengertian, Fungsi, Jenis dan Struktur Kata Pengantar

Pengertian, Fungsi, Jenis dan Struktur Kata Pengantar

Masterpendidikan.comPengertian, Fungsi, Jenis dan Struktur Kata Pengantar. Saat membaca sebuah buku atau karya tulis lainnya, pernahkah kamu memperhatikan halaman pertamanya? Yang terkadang menggunakan bahasa yang formal namun juga ada yang menggunakan bahasa nonformal. Itulah kata pengantar, yang akan selalu ada dan kamu temukan dalam setiap karya tulis. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan kata pengantar itu sendiri? Apa fungsinya? Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai kata pengantar.

Pengertian dari Kata Pengantar

Kata pengantar merupakan halaman yang memuat ucapan terima kasih, rasa syukur, tujuan dan manfaat dari penulis pada sebuah karya tulisnya. Selain mengungkapkan rasa terima kasih kepada pihak yang telah membantunya dalam pembuatan karya tulis tersebut, dalam kata pengantar penulis juga menumpahkan harapannya untuk mendapatkan kritik serta saran atas hasil karya agar bisa lebih baik pada karya – karya selanjutnya.

Bahkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kata pengantar merupakan kata pendahuluan yang dibuat secara singkat dan jelas pada sebuah karya tulis. Dan biasanya kata pengantar terdapat pada halaman pertama baik dalam makalah, buku hingga karya tulis lainnya.

Fungsi Kata Pengantar

Selain untuk menumpahkan rasa syukur atas selesainya sebuah karya tulis, kata pengantar juga memiliki fungsi sebagai pengantar untuk pembaca agar mendapatkan gambaran umum dari isi atau uraian pada karya tulis tersebut. Dengan begitu, diharapkan akan tumbuh dan mendorong minat orang lain untuk membacanya.

Jenis – Jenis Kata Pengantar

Kata pengantar terbagi menjadi dua jenis, yakni:

  • Preface, kata pengantar yang penulisannya langsung oleh penulisnya dengan tujuan untuk membangun kreadibilitas sehingga pembaca bisa tahu proses penyusunan karya tulis tersebut.
  • Foreword, kata pengantar yang ditulis oleh tokoh yang dihormati sehingga dapat membangun integritas antara penulis dan dan pembacanya.
BACA JUGA :   Pengertian, Ciri dan Jenis Legenda

Struktur Kata Pengantar

Kata pengantar juga tersusun dari tiga bagian, yaitu:

  1. Pembuka

Dalam bagian ini biasanya berisi ucapan terima kasih dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa serta pihak – pihak yang turut berkonstribusi dalam pembuatan karya tulis tersebut.

  1. Isi

Biasanya berisikan gambaran singkat dari isi karya tulis tersebut, mulai dari judul hingga ulasan singkat, jelas dan menarik.

  1. Penutup

Bagian ini berisikan permohonan maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan maupun pembahasan lainnya. Penulis juga memuat harapannya untuk mendapatkan kritik serta saran dari pembacanya untuk memperbaiki kesalahan sehingga dapat lebih baik lagi pada karya tulis berikutnya.

Itulah penjelasan mengenai pengertian, fungsi hingga struktur kata pengantar yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan untuk kita semua.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi