Cara Menggunakan Google Authenticator di Tokopedia

Cara Menggunakan Google Authenticator di Tokopedia

Masterpendidikan.com – Seperti yang kita tahu, beberapa aplikasi berbelanja online sudah memiliki dompert digitalnya sendiri guna mempermuda proses transaksi tanpa harus ke ATM ataupun Alfamart untuk membayar produk yang kita  inginkan. , misalnya Shopee, Lazada ataupun Tokopedia. Dengan adanya dompet digital inilah yang mendorong penggunaan Google Authenticator guna menjaga saldo yang ada didalaminya. Dan untuk kamu yang belum mengetahui cara menggunakan Google Authenticator oada Tokopedia. Berikut penjelasannya.

Sekilas Mengenai Tokopedia

Tokopedia adalah salah satu dari sekian banyaknya platform berjualan secara online dan tokopedia juga memiliki dompet digital yang dapat kita gunakan untuk menyimpan saldo baik yang akan kita simpan untuk berbelanja maupun sisa dari transaksi yang kita lakukan sebelumnya.

Oleh karena itu, kita harus lebih waspada dengan tangan – tangan usil yang sekiranya dapat mengotak atik saldo yang kamu simpan. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan Google Authenticator untuk lebih mengamankannya. Dengan Google Authenticator ini, akun kamu akan lebih aman dari pencurian akun ataupun data. Dan kamu bisa menemukannya dengan mudah di Playstore untuk pengguna Android.

Cara Menggunakan Google Authenticator

Adapun cara yang bisa kamu gunakan untuk mengaktifkan Google Authenticator ini adalah sebagai berikut ini.

  • Pertama, kamu buka web tokopedia pada PC atau laptop yang kamu gunakan.
  • Login dengan akun tokopedia kamu, setelah itu kamu klik “Profil” dan klik menu “Pengaturan“.
  • Langkah berikutnya kamu pilih menu “Google Authenticator” dan scroll kebawah pilih atau klik tombol “Aktifkan Google Authenticator
  • Maka akan muncul barcode dan Code seperti pada gambar berikut ini.
  • Kamu buka aplikasi “Google Authenticator” pada smartphone kamu jika belum punya, kamu bisa download di playstore. Kemudian kamu tinggal klik tanda “+” dan pilih “Scan a QR code
  • Kamu tinggal arahkan kamera Smartphone kamu ke barcode yang ada pada laptop atau PC kamu tadi.
  • Selesai, maka akan muncul nomor tokopedia kamu pada aplikasi google authenticator dan kode ini yang akan kamu gunakan untuk login nantinya. Kode ini akan berubah sekitar 30 detik.
BACA JUGA :   Cara Print Artikel pada Situs atau Blog dengan Rapi

Keterangan

Sebagai masukan, menggunakan google authenticator sebagai kemanan kedua sangat perlu. Tetapi yang harus kamu ketahui saat kamu ingin menginstall ulang smartphone kamu suatu saat, kamu jangan lupa beckup terlebih dahulu akun – akun yang ada di aplikasi google authenticator.

 

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi