Cara Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot

Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot

Masterpendidikan.com – Pernahkah kamu bertanya – tanya apakah bisa laptop yang biasa kita gunakan menjadi hotspot ? Jawabannya tentu saja bisa. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara menjadikan laptop sebagai hotspot.

Banyak yang belum tahu jika laptop yang biasa kita gunakan dengan sistem operasi seperti windows 10 bisa kita jadikan sebagai hotspot. Cara membuat atau menjadikan laptop sebagai hotspot sangat mudah, kita tidak perlu menginstall atau download aplikasi tambahan. Sebab windows 10 telah menyediakan fitur hotspot tersebut.

Tidak dipungkiri bahwa pada era milenial ini, laptop, gadget dan internet sudah menjadi kebutuhan sehari – hari yang kita gunakan. Baik itu untuk pekerjaan atau untuk sekolah, dan tentunya sudah tidak dapat terpisahkan lagi antara laptop, gadget dan internet.

Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot

Sebelum kita membahas cara mengaktifkan fitur hotspot pada laptop, tentu kita harus tahu terlebih dahulu apa itu hotspot. Hotspot merupakan sebuah sistem jaringan yang dibuat dalam sebuah area. Dengan hotspot berbagai macam perangkat bisa terhubung tanpa menggunakan kabel.

Hostpot juga sering kita jumpai pada tongkrongan – tongkrongan seperti café dan perkantoran. Bagi kita yang tidak cukup biaya untuk berlangganan wifi rumahan, akan tetapi tetap ingin semua perangkat yang ada tetap terhubung ke internet. Solusinya kamu harus berbagi koneksi dari modem yang dipasang pada laptop ke semua perangkat.

Berikut ini adalah panduan langkap dengan gambar bagaimana cara menjadikan laptop sebagai hotspot.

Kamu klik “Icon Menu Start” pada laptop kamu, setelah itu kamu pilih “Icon Setting”.

BACA JUGA :   Cara Tepat Memilih Tema WordPress Terbaik

menjadikan laptop jadi hotspot

Berikutnya kamu pilih dan klik “Network & Internet”.

menjadikan wifi laptop sebagai hotspot

Kemudian pada menu Network  & Internet kamu pilih “Mobile Hotspot” dan kamu klik menu “Edit

jadikan laptop sebagai hotspot

Kamu atur nama hotspot dan password sesuai keinginan kamu dan klik “Save” untuk menyimpan pengaturan.

 	cara menjadikan laptop sebagai hotspot

Setelah itu kamu hanya tinggal aktifkan hotspot dengan klik “Icon Mobile Hotspot” menjadi ON.

membuat laptop sebagai hotspot

Selesai, kamu tinggal hubungkan wifi teresebut pada perangkat lain seperti smartphone kamu.

Kesimpulan

Itulah cara mudah yang bisa kamu coba pada perangkat laptop kamu. Cara ini tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan, cukup dengan menggunakan fitur bawaan dari windows 10 saja. Pastikan kamu selalu update windows kamu agar mendapatkan fitur dan fungsi yang maksimal.

Semoga artikel ini membantu untuk kamu yang membutuhkan cara ini, dan semoga bisa menambah ilmu dan wawasan kita tentang perkembangan teknologi baik itu software maupun hadware. Selamat mencoba.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi