Contoh Soal Bilangan Rasional

Contoh Soal Bilangan Rasional

Masterpendidikan.com Pada artikel ini kami akan menjelaskan tentang bilangan rasional beserta Contoh Soal Bilangan Rasional.

Bilangan rasional adalah sistem bilangan yang merupakan himpunan dari semua bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan a/b dengan a, b adalah bilangan bulat dan b ≠ 0. Secara fundamental bilangan rasional berasal dari bahasa inggris yaitu rational karena bilangan ini dapat dinyatakan dalam bentuk perbandingan (rasio). Ahli matematika memberikan simbol untuk bilangan rasional.

Bilangan 1,2 termasuk bilangan rasional, karena dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan berikut:

Contoh Soal Bilangan Rasional

1,2 dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan 12/10, 6/5, ataupun bentuk pecahan lain yang memenuhi a/b dengan a, b (bilangan bulat) dan b ≠ 0. Sehingga 1,2 termasuk bilangan rasional.

Contoh Soal Bilangan Rasional

Beberapa contoh bilangan rasional seperti 1/2, 2/3, 5/7, 12/7 dan lainnya.

Dalam bilangan rasional juga terdapat beberapa operasi sederhana seperti penjumlahan,pengurangan, perkalian, pembagian, dan operasi bilangan lainnya.

Beberapa operasi bilangan tersebut dituliskan seperti di bawah ini.

Contoh Soal Bilangan Rasional

Bilangan rasional juga bisa diklasifikasikan kembali menjadi bilangan bulat, bilangan cacah, bilangan asli, dan kelompok bilangan lainnya yang menjadi bagian dari bilangan rasional.

Contoh Soal Bilangan Rasional dan Irasional

Tentukan jenis bilangan berikut, manakah yang merupakan bilangan rasional atau irasional.

Jawaban

Contoh Soal Bilangan Rasional = Adalah bilangan rasional, karena bila 5 dibagi dengan 9 memiliki hasil 0,555555… sesuai dengan ciri-ciri bilangan rasional, yaitu memiliki pola.

Contoh Soal Bilangan Rasional = Bilangan Rasional, ini karena akar dari 64 adalah 8, sebuah bilangan bulat yang merupakan bagian dari bilangan rasional

= Bilangan irasional, karena 𝝅 yang berjumlah 3,142857… dibagi dengan 2 memiliki hasil 1,57142… tidak memiliki pola apapun, sehingga memenuhi ciri-ciri bilangan irasional.

BACA JUGA :   Aplikasi Belajar Matematika Android

= Bilangan irasional, karena 16 dibagi 8 sama dengan 2, hasil dari √2 adalah 1,14213… tidak memiliki pola sehingga cocok menjadi bilangan irasional.

Penutup

Itulah pengerian dan beberapa contoh bilangan rasional. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Apakah kalian memiliki pertanyaan mengenai hal ini? Silahkan tuliskan pertanyaan kalian di kolom komentar ya, dan jangan lupa untuk share pengetahuan ini.

You May Also Like

About the Author: admin