Apa Itu Black Box? dan Bagaimana Cara Kerja Black Box?

Apa Itu Black Box? dan Bagaimana Cara Kerja Black Box?

Masterpendidikan.com Apa Itu Black Box? dan Bagaimana Cara Kerja Black Box?. Indonesia kembali berduka, tepat hari Sabtu tanggal 9 Januari 2021 kemarin. Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 jatuh ke perairan di Kepulauan Seribu. Dan kabar terakhir, petugas tim gabungan telah berhasil menemukan black box yang mana menjadi kunci utama untuk mengetahui penyebab jatuhnya pesawat tersebut.

Mungkin sebagian dari kamu masih ada yang bertanya – tanya,  mengapa black box disebut – sebut sebagai kunci utama saat terjadinya pesawat jatuh? Apa sebenarnya black box tersebut? Penjelasan berikut bisa menjadi jawaban dari pertanyaan tersebut.

Apa itu Black Box?

Berbeda dengan namanya, black box merupakan komponen berwarna oranye yang berisi rekaman penerbangan atau flight recorder. Yang dapat membantu penyidik dalam mencari tahu penyebab terjadinya kecelakaan pesawat. Merupakan sebagai kunci utama karena black box merekam semua riwayat dalam sebuah penerbangan yang nantinya dapat menghasilkan rekonstruksi video komputer terkair penanganan pesawat sebelum kecelakaan.

Produksi pertama kali pada tahun 1957 oleh Dr.David Warren yang merupakan seorang ilmuwan Australia, komponen penting dalam pesawat ini memiliki warna oranye untuk memudahkan petugas dalam pencarian.

Bagaimana Cara Kerja Black Box?

Komponen penting bernama black box ini mampu menahan benturan dinding beton yang dengan kecepatan 750 km perjam. Karena memang rancangan sangat kuat untuk dapat menahan banyaknya skenario kecelakaan tanpa mengalami kerusakan.

Terdiri dari dua bagian yakni FDR atau Flight Data Recorder dan CBR atau Cookpit Voice Recorder. Yang mana FDR berisikan rekaman kecepatan, ketinggian, percepatan vertikal dan aliran bahan bakar. Dan untuk CVR berisikan pembicaraan yang terjadi di kokpit saat penerbangan. Black box juga telah dilengkapi dengan ULB atau Underwater Locator Beacon yang aktif setelah komponen ini bersentuhan dengan air dan kemudian mengirimkan sinyal dari kedalaman 14.000 kaki. Sehingga dengan begitu, black box bisa ditemukan jika terjatuh di kedalaman laut.

BACA JUGA :   Cara Mengatasi Aplikasi Viu Yang Bermasalah

Setelah ditemukan, nantinya black box akan dibawa ke laboratorium dan diunduh datanya untuk kemudian dilakukan rekonstruksi ulang peristiwa selama penerbangan. Dan biasanya proses ini membutuhkan waktu yang lama, bisa berminggu – minggu hingga berbulan – bulan.

Apa Fungsi Dari Black Box?

Berdasarkan cara kerjanya, black box berfungsi untuk menemukan dan mengetahui penyebab dari terjadinya kecelakaan. Pada dasarnya, black box berfungsi unruk merekam dan memonitor setiap suara baik dari kru maupun mesin pesawat yang terjadi di kokpit. Sehingga dengan begitu tidak heran jika black box kita sebut sebagai kunci utama untuk mengetahui penyebab jatuhnya sebuah pesawat.

Itulah sedikit penjelaaan mengenai black box yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita mengenai hal penting dalam penerbangan pesawat.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi