Cara Daftar Peserta DTKS

Cara Daftar Peserta DTKS

Masterpendidikan.com – Cara Daftar Peserta DTKS – Melalui Kementerian Sosial, Pemerintah menyalurkan tiga bantuan sosial di tahun 2021 ini. Yang mana ketiga bantuan tersebut adalah Kartu Sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT),  BST atau Bantuan Sosial  Tunai  dan PKH atau Program Keluarga Harapan. Ketiga bantuan ini akan mulai di salurkan pada 4 Januari 2021.

Untuk mendapatkan ketiga bantuan tersebut, masyarakat harus terdaftar pada DTKS atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dari Kemensos. Dan bagi kamu yang ingin ikut mendaftar berikut adalah ulasannya.

Bantuan Pemerintah

Sebelumnya bantuan Kartu Sembako bernama BPNT atau Bantuan Pangan Non Tunai dengan tujuan memenuhi kebutuhan pokok dasar pangan KPM atau Keluarga Penerima Manfaat. Melalui bantuan ini, KPM mendapat uang bantuan senilai Rp.2,4 juta pertahunnya yang mana secara bertahap mulai dari bulan Januari sampai Desember 2021. Yang artinya KPM akan mendapatkan uang bantuan sebesar Rp.200 ribu perbulan.

Sedangkan untuk BST atau Bantuan Sosial Tunai merupakan salah satu bantuan untuk KPM yang terdampak covid-19. Bantuan sebesar Rp.1.2 juta akan dibagikan selama 4 bulan mulai Januari sampai April 2021. Setiap bulannya, peserta akan mendapat bantuan sebesar Rp.300 ribu per KPM.

Dan untuk PKH atau Program Keluarga Harapan adalah program bantuan bersyarat untuk Keluarga Miskin yang tetapan sebagai KPM atau Keluarga Penerima Manfaat. Dan bantuan ini pun targetnya untuk ibu hamil, anak usia dini, penyandang disabilitas dan lanjut usia.

Cara Daftar Peserta DTKS

Untuk mendapatkan bantuan ini harus melakukan pendaftaran DTKS, dan berikut cara yang bisa kamu ikiuti untuk mendaftar :

  • Daftar untuk menjadi peserta Keluarga Penerima Manfaat ke Aparat Pemerintah setempat.
  • Setelah itu kamu akan mendapatkan surat pemberitahuan teknis pendaftaran.
  • Kemudian masukkan data pelengkap seperti KTP, NIK,KK dan kode keluarga terpadu.
  • Setelah data lengkap maka akan proses oleh Himbaran Bank Milik Negara.
  • Jika berhasil maka kamu akan dibuatkan rekening.
BACA JUGA :   Arti Angka 1432, 224, 123 Meaning Terbaru 2020 !

Itulah ulasan mengenai cara rnendaftar Peserta DTKS. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi