Cara Mengatasi Gagal Upload KTP Saat Mendaftar Prakerja Gelombang 12

Cara Mengatasi Gagal Upload KTP Saat Mendaftar Prakerja Gelombang 12

Masterpendidikan.comProgram Kartu Prakerja akan segera dibuka kembali, namun sayangnya tidak sedikit orang yang masih mengalami kegagalan untuk mengupload foto KTP saat hendak melakukan pendaftaran akun. Untuk itu, postingan kali ini akan membantu kamu yang tengah mengalami permasalahan tersebut. Berikut ulasan selengkapnya mengenai cara untuk mengatasi gagal upload foto KTP saat mendaftar Kartu Prakerja.

Mengatasi Kegagalan Upload KTP

Terhitung mulai hari ini, pendaftaran program Kartu Prakerja Gelombang 12 telah resmi dibuka. Masih dengan tujuan yang sama yakni untuk memberikan kesempatan bagi 600.000 peserta dengan target peserta 2,7 juta orang. Dan beberapa orang masih ada yang tidak mengetahui ketentuan dari file yang menjadi persyaratan, padahal itu pula yang menentukan gagal tidaknya pendaftaran.

Dan berikut ketentuan dari file yang menjadi persyaratan agar tidak mengalami kegagalan saat mengupload foto KTP:

  • Seluruh bagian KTP berada dalam foto dan bukan fotokopi, ini salah satu penyebab gagalnya peserta dapam mengupload foto KTP. Untuk itu, tim pelaksana prohram Kartu Prakerja mengingatkan pendaftar untuj memastikan kembali seluruh bagian KTP berada dalam foto. Selain itu, foto KTP yang kamu unggah haruslah yang asli bukan fotokopi.
  • Ukuran foto KTP maksimal 2MB, selanjutnya pastikan juga ukuran file foto KTP tidaklah lebih dari 2MB karena apabila File foto melebihi ketentuan maka sistem akan menolak secara otomatis.
  • Foto berbentuk format PNG atau JPEG, selain ukuran pastikan juga foto berbentuk format PNG ataupun JPEG karena jika kamu buat bukan format tersebut maka sistem akan menolak juga secara otomatis.
  • Koneksi internet yang stabil, terakhir adalah koneksi internet yang stabil agar bisa lebih mudah dan mengurangi risiko kegagalan.
BACA JUGA :   Cara Tepat Memilih Tema WordPress Terbaik

NIK Tidak Valid

Selain ketentuan dengan ukuran dan File KTP yang harus sesuai dengan persyaratan, pastikan juga nomor KTP telah terdaftar dan valid. Dan Tim Kemnaker pun mengatakan bahwa NIK yang tidak valid biasanya karena belum adanya update  database dari Disdukcapil Kota tempat peserta tinggal ke Disdukcapil pusat. Jika sudah begitu, maka peserta bisa menghubungi Dukcapil Pusat dan melakukan verifikasi lalu cek kembali apakah NIKnya telah terdaftar.

Itulah ulasan mengenai cara untuk mengatasi gagal upload foto KTP saat mendaftar Prakerja gelombang 12. Semoga bermanfaat dan dapat menambah informasi untuk kita semua.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi