Cara Cek Sertifikat HP Android

Cara Cek Sertifikat HP Android

Masterpendidikan.com – Saat ini, untuk membeli sebuah smartphone sangatlah mudah. Kita bisa menemukan dan mendapatkan berbagai model smartphone yang diinginkan baik yang resmi ataupun ilegal yang melalui Black Market. Dan sering kali kita melupakan hal yang juga perlu untuk dipastikan, terlebih saat membeli smartphone Black Market, yaitu sertifikat HP Android.

Karena sering kali, smartphone yang ada pada Black Market telah mengalami modifikasi. Dan dengan mengecek sertifikat, kita bisa mengetahui apakah ponsel tersebut telah lulus uji kompatibilitas. Untuk itu, kali ini kita akan membahas mengenai cara cek sertifikat HP Android agar lebih bisa waspada dan mengenali ponsel yang akan kita beli. Berikut ulasan selengkapnya.

Resiko Apabila Ponsel Tidak Bersertifikat

Ponsel yang tidak memiliki proteksi bersertifikat, maka Google pun tidak memiliki catatan hasil uji kompatibilitas Android dan mungkin pula tidak aman, tidak mendapatkan pembaruan sistem Android, tidak mendapatkan pembaruan aplikasi dan bahkan bisa menimbulkan masalah keamanan. Sehingga sangat penting untuk mengecek sertifikat ponsel sebelum membeli.

Cara Cek Sertifikat HP Android

Sertifikat uji kompatibilitas sangatlah penting, terlebih untuk yang mengutamakan privasi dan keamanan. Semua ponsel yang telah lulus uji kompatibilitas Google maka akan terdaftar juga sebagai perangkat bersertifikat di Play Store.

Apabila kamu sudah terlanjur memneli ponsel yang tidak memiliki proteksi bersertifikat, maka kamu hanya bisa menghubungi produsen perangkat tersebut dan meminta perangkat yang telah bersertifikat dan diuji secara menyeluruh. Dan ponsel yang tidak bersertifikat juga berkemungkinan telah mengalami rooting.

Adapun cara untuk mengecek sertifikat HP Android yang bisa kamu gunakan adalah sebagai berikut ini:

  • Buka dan masuk ke Google Play Store yang ada pada ponsel kamu.
  • Selanjutnya klik ikon hamburger yang ada pada pojok kiri atas untuk kemudian kamu pilih menu “Pengaturan”.
  • Scroll ke bawah hingga menemukan status “Play Protect Certification”.
  • Kamu bisa melihat pada status tersebut apakah ponsel kamu telah terverifikasi atau tidak.
BACA JUGA :   Cara Upload Video Untuk Status Whatsapp Tanpa Terpotong

Demikian cara yang bisa kamu gunakan untuk mengecek sertifikat HP Android. Semoga dengan ini kita bisa lebih berhati – hati dalam membeli ponsel di kemudian hari.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi