Cara Mudah Mengatur Bunyi Notifikasi Berbeda Pada Setiap Aplikasi Android

Cara Mudah Mengatur Bunyi Notifikasi Berbeda Pada Setiap Aplikasi Android

Masterpendidikan.com – Baik smartphone ataupun ponsel biasa, sama – sama memiliki bunyi notifikasi yang muncul tiap kali ada panggilan masuk, pesan masuk dan lainnya. Namun bedanya, jika pada ponsel biasa kamu hanya bisa menggunakan satu bunyi notifikasi untuk semua panggilan dan pesan tapi pada smartphone kamu bisa mengatur bunyi notifikasi yang berbeda untuk aplikasinya. Lebih jelasnya lagi, kamu bisa simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Mengatur Bunyi Notifikasi Berbeda Pada Setiap Aplikasi

Terkadang pastinya kita pernah merasa sulit membedakan notifikasi aplikasi satu dengan aplikasi lainnya. Hal tersebut karena bunyi notifikasi yang muncul telah diatur untuk menjadi bunyi notifikasi untuk semua aplikasi yang ada.

Padahal, ada cara yang bisa kita lakukan  untuk membuat bunyi notifikasi yang muncul berbeda pada setiap aplikasi dengan cara yang mudah dan tentunya gratis. Mulai Android 8.0 hingga yang terbaru pun sudah menyediakan fitur yang bisa digunakan untuk mengatur bunyi notifikasi.

Cara Mengatur Bunyi Notifikasi Berbeda Pada Setiap Aplikasi

Sebelum kamu mencoba cara untuk mengatur bunyi notifikasi berbeda pada setiap aplikasi berikut ini, pastikan dulu bahwa perangkat kamu telah menjalankan Android 8.0 atau yang lebih tinggi lagi karena jika tidak maka cara ini tidak akan berfungsi. Dan apabila perangkat kamu menjalankan Android 8.0 keatas maka bisa mengikuti cara berikut ini:

  • Masuk dan buka menu “Settings” yang ada pada perangkat Android.
  • Selanjutnya tap opsi “Apps” apda menu Settings.
  • Setelah itu pilih salah satu aplikasi yang ingin kamu ubah bunyi notifikasinya.
  • Jika sudah langsung saja tap menu “Notifications
  • Kemudian kamu akan melihat berbagai kategori seperti notifikasi grup, pesan dan lainnya misalnya menu “Message Notification”.
  • Selanjutnya pilih dan tap opsi “Sound” yang kemudian bisa kamu ubah sendiri.
  • Kamu juga bisa menggunakan cara tersebut pada aplikasi lainnya.
BACA JUGA :   Gunakan Cara Ini Untuk Mengurangi Risiko Blue Light

Demikianlah cara mengatur bunyi pada smartphone dengan mudah. Semoga postingan dan tutorial kali ini bisa membantu kamu yang sedang membutuhkan atau hanya sekadar informasi. Gunakan cara ini dengan bijak sesuai dengan kebutuhan. Selamat mencoba.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi