Situs Yang Sempat Terblokir

Situs Yang Sempat Terblokir

Masterpendidikan.com – Pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai beberapa situs yang sempat terblokir. Situs apa saja yang termasuk didalamnya? Langsung saja simak ulasan lebih lengkapnya berikut ini.

Beberapa Situs Yang Sempat

Beberapa situs berikut akhirnya dibuka kembali dalam selang waktu yang tidak begitu lama. Adapun situs – situs yang sempat terblokir adalah sebagai berikut ini:

1. LiveScore

situs yang pernah terblokir

Situs yang pertama ini pastinya sudah tidak asing lagi bagu penggemar sepakbola, yakni LiveScore.com yang mana menyajikan skor pertandingan secara langsung. Dan situs ini juga sempat masuk kedalam daftar situs yang terblokir oleh Kominfo atau Kementerian Komunikasi dan Infomatika tepatnya tanggal 13 November 2020 lalu.

Penyebab situs ini sempat terblokir karena Kemkominfo mendeteksi adanya promosi situs – situs perjudian pada situs LiveScore.com. Namun selang beberapa waktu, akhirnya situs ini sudah bisa kita akses kembali setelah menghapus semua iklan – iklan yang mengandung unsur perjudian dan hal – hal illegal lainnya.

2. TikTok

situs yang sempat terkena blokir

Layanan berbagi video ini merindukan platform yang memiliki banyak pengguna dari berbagai negara. TikTok juga sempat terblokir sebelum akhirnya bisa kita akses kembali hingga saat ini. Adapun alasan TikTok menjadi salah satu situs yang terblokir karena Kemkominfo menilai banyak konten negatif khususnya bagi anak – anak. Dan setelah TikTok dibuka kembali akhirnya ada kebijakan baru yakni bagi yang berumur di bawah 16 tahun tidak bisa membuat akun.

3. Tumblr

beberapa situs yang terblokir dan sudah dibuka

Selanjutnya ada Tumblr yang juga diblokir sementara oleh Kemkominfo pada 5 Maret 2018 lalu. Pemblokiran tersebut karena terdapat konten – konten asusila baik pada situs maupun aplikasi Tumblr. Namun akhirnya setelah Tumblr bersepakat dengan Kemkominfo untuk menghapus konten terlarang tersebut kita bisa mengaksesnya kembali hingga saat ini.

BACA JUGA :   Beberapa Aplikasi Perpustakaan Sekolah

4. Kiblat.net

situs yang sudah dibuka dari pemblokiran

Dari sekian banyaknya situs Islam yang masuk kedalam daftar situs terlarang oleh pemerintah, Kiblat.net adalah salah satunya. Kemenkominfo menduga situs ini juga memuat konten yang melanggar perundang – undangan. Tapi akhirnya pengelola situs bersedia memperbaiki konten dan Kiblat.net pun sudah dibuka kembali.

5. Arrahman.com

situs yang sudah dibuka dari daftar blokir pemerintah

Sama halnya seperti Kiblat.net, situs Arrahman juga menjadi salah satu situs yang sempat terblokir karena Kemenkominfo menduga adanya konten radikal dan provokator di dalamnya. Namun setelah pemilik memberikan protes dan penjelasan akhirnya Kemenkominfo membuka kembali situs Islam tersebut.

Akhir Kata

Demikian ulasan mengenai beberapa situs yang sempat terblokir. Semoga kedepannya situs – situs yang lain bisa belajar dari pengalaman beberapa situs tersebut sehingga lebih aman dari pemblokiran.

 

Source: elevenconsignment.com

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi