Cara Perbaiki Kamera Handphone yang Rusak dan Error

Cara Perbaiki Kamera Handphone yang Rusak dan Error

Masterpendidikan.com – Apabila kamu sedang mengalami kendala dengan kamera handphone kamu seperti rusak atau error, maka kamu sudah berada pada postingan yang tepat. Karena kali ini, kita akan membahas mengenai cara untuk perbaiki kamera handphone yang rusak ataupun error. Berikut ulasan selengkapnya yang perlu untuk kamu simak.

Beberapa Cara Perbaiki Kamera Handphone yang Rusak dan Error

Tidak selalu kamera handphone bisa berjalan dengan mulus, sebab mungkin ada saja kendala dan masalah yang terjadi, misalnya muncul notifikasi “Camera Failed Error Callback On Error” atau “Error Message Handler”. Jika sudah begitu, kamu tidak perlu langsung khawatir sebab ada beberapa cara perbaiki kamera handphone yang rusak dan error yang bisa kamu coba. Diantaranya adalah:

  1. Matikan Handphone Kamu Terlebih Dahulu

Yang pertama ada dengan mematikan handphone kamu terlebih dahulu. Apabila handphone sudah dimatikan, maka lepas baterai dan tunggu selama tiga menit. Setelah itu, hidupkan kembali handphone dan kamera pun akan normal kembali apabila keluhannya karena muncul notifikasi peringatan seperti yang kita bahas sebelumnya.

  1. Menggunakan Aplikasi Kamera Pihak Ketiga

Kamu juga bisa menginstall dan menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga yang bisa kamu unduh melalui Play Store, seperti Candy Camera, Camera360 dan lain semacamnya. Biasanya aplikasi kamera ketiga memiliki fitur yang lebih unggul dari kamera bawaan.

  1. Hapus Data Folder DCIM yang Ada di Memori

Cara selanjutnya adalah dengan menghapus data folder DCIM yang ada di memori kamu, sebab biasanya data yang rusak juga dapat menyebabkan kamera error. Sehingga dengan begitu kamu bisa menghapus semua file yang ada pada folder DCIM baik pada memori internal maupun eksternal. Namin sebelumnya pastikan terlebih dahulu kamu telah memback-up terlebih agar data yang penting tidak hilang.

  1. Lakukan Factor Reset
BACA JUGA :   Aplikasi Fake Chat Yang Sedang Viral

Terakhir kamu bisa merubah setelan handphone kamu ke setelan pabrik, untuk mengembalikan kondisi ponsel ke pengaturan awal. Dengan begitu kerusakan software bisa teratasi. Namun tetap pastikan terlebih dahulu kamu telah memback-up terlebih ke memori internal atau microSD sebelum melakukan reset ke pengaturan awal.

Itulah cara untuk perbaiki kamera handphone yang rusak dan error. Semoga bermanfaat dan dapat menambah informasi untuk kita semua.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi