Pengertian, Struktur, Bagian Pons Otak Beserta Fungsinya Lengkap

Pengertian, Struktur, Bagian Pons Otak Beserta Fungsinya Lengkap

Posted on

Pengertian, Struktur, Bagian Pons Otak Beserta Fungsinya Lengkap – Kali ini kita akan membahas tentang Pons Otak. Apa itu Pons Otak, dan apa Fungsinya. Untuk jawaban dari pertanyaan berikut, silahkan simak pada ulasan berikut ini :

Pengertian Pons Otak

Pons Otak : batang otak yang tempatnya berada diatas medula oblongata, yang tepatnya berada dibawah otak tengah dengan panjang yang kurang lebih 2,5 cm. Meskipun ukurannya yang kecil, pons memiliki peran yang sangat penting bagi otak manusia. Karena batang yang berisi serabut saraf ini memiliki fungsi dalam menghubungkan otak besar dengan sumsum tulang belakang, dengan bagian otak kecil kiri dan bagian kanan.

Struktur dan Bagian Pons Otak

Ada 2 (dua) bagian penting yang sangat Utama Pada Pons Otak, yaitu sebagai berikut :

  1. Bagian Basilar Pons, letaknya pada bagian ventral, Bagian ini memiliki fungsi yang berhubungan dengan aktivitas motorik tubuh.
  2. Bagian Pontine Tegmentum, letaknya pada bagian dorsal, Bagian ini memiliki fungsi yang berhubungan dengan sistem homeostasis & lintasan refleks.

Pons Otak memiliki beberapa nukleus saraf yang sangat berperan penting dalam tubuh, yaitu sebagai berikut:

  • Nukleus Sensorik dan Motorik dari nervus trigeminal.
  • Nukleus dari nervus abdusen.
  • Nukleus dari nervus fasial.
  • Nukleus dari nervus vestibulocochlear.

Fungsi Pons Otak

Pons Otak memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai berikut:

1. Sebagai jalur saraf

Dimana pons otak memiliki fungsi dalam membawa sinyal ke korteks utama. Sinyal yang dikirimkan akan lebih berpengaruh pada fungsi wajah, Seperti gerakan yang terjadi pada mata dan telinga.

Pons otak ialah 4 (empat) titik pangkal diantara 12 (dua belas) saraf kranial utama, yaitu saraf trigeminal, abdusen, fasial dan serabut vestibucochlear.

  • Saraf trigeminal, saraf kranial yang kelima ini berfungsi sebagai mengatur gerakan pada wajah dan bertanggung jawab dalam kegiatan menggigit, mengunyah serta menelan makanan.
  • Saraf abdusen, saraf kranial yang keenam ini memiliki fungsi sebagai penggerak mata.
  • Saraf fasial, berfungsi untuk pergerakan otot diwajah, sehingga dapat tersenyum, tertawa, bersedih, menaik turunkan alis serta menunjukkan ekspresi wajah.
  • Saraf vestibulocochlear, saraf yang memiliki fungsi dalam transmisi suara dari telinga menuju otak dan membantu menjaga keseimbangan pada tubuh.

2. Menyampaikan sinyal keluar

Pons otak memiliki fungsi sebagai pembawa sinyal dari saraf menuju otak, sinyal yang dibawa menuju otak memerlukan beberapa waktu untuk sampai ke saraf. Proses ini akan menimbulkan terjadinya pembukaan infomasi yang bergerak serta berakibat dengan terjadinya pengaturan sinyal untuk diterjemahkan dengan lengkap dan akuran sebelum sinyal akan dikiimkan.

3. Mengontrol fungsi secara tidak sadar

Pada pons otak ada tempat yang bernama reticular, tempat ini berfungsi dalam pengaturan siklus tidur dan bangun tidur. Daerah ini memiliki peran dalam pembentukan mimpi seseorang saat tidur. Selain saat tidur, fungsi tidak sadar lain yang juga ikut dikendalikan oleh pons otak ialah respirasi, yakni bagian pada pons otak ada yang bisa mengatur intensitas pernapasan dan juga mempengaruhi hambatan inspirasi yang dapat berakibat pengurangan pada kedalaman nafas dan frekuensi.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Struktur, Bagian Pons Otak Beserta Fungsinya Lengkap, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...