Perbedaan Otak Besar (Cerebrum) dan Otak Kecil (Cerebellum)

Perbedaan Otak Besar (Cerebrum) dan Otak Kecil (Cerebellum)

Posted on

Perbedaan Otak Besar (Cerebrum) dan Otak Kecil (Cerebellum) – Pada kesempatan kali ini kita akan kembali membahas tentang otak, dimana pembahasan kita kali ini tentang Perbedaan antara Otak Besar dan Otak Kecil. Lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

Otak Besar

Otak besar atau cerebrum mengisi dengan penuh bagian depan rongga tengkorak, terdiri dari dua belahan atau hemifer besar. Dua hemifer tersebut ialah belahan kiri dan belahan kanan. Setiap belahan memiliki fungsi masing-masing, belahan kanan akan mengontrol tubuh bagian kiri, dan belahan kiri akan mengontrol tubuh bagian kanan atau setiap belahan akan bekerja mengendalikan bagian tubuh yang berlawanan.

Otak Kecil

Otak kecil ialah bagian otak yang terdiri dari dua belahan berliku dan sangat dalam, otak kecil berfungsi sebagai pengkoordinasi kegiatan atau aktivitas lokomotor pada tubuh, diantaranya mengatur otot, keseimbangan tubuh dan posisi. Jika serebelum rusak maka akan mengakibatkan seseorang kehilangan koordinasi dalam gerakan otot tubuhnya. Otot kecil ini terletak di bagian bawah poteio dai otak besar.

Perbedaan Otak Besar dan Kecil

Pengertian, Fungsi serta Struktur dan Bagian Otak Kecil (Cerebellum)

Perbedaan antara keduanya terdapat pada fungsinya masing-masing. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

  1. Otak besar merupakan bagian yang terbesar dari otak. Sedangkan Otak kecil merupakan bagian terbesar kedua setelah Otak Besar.
  2. Otak besar merupakan bagian otak yang terletak pada bagian depan. Sedangkan Otak kecil merupakan bagian otak yang terletak pada daerah belakang otak.
  3. Otak besar memiliki fungsi dalam mengontrol kesadaran dan cerdasan, kekuatan, memori dan lain lain. Sedangkan Otak kecil mimiliki fungsi dalam mengkoordinasikan fungsi sadar dan mengontrol keseimbangan tubuh.
  4. Dalam perkembangan evolusi, Otak kecil juga berkembang lebih cepat jika dibandingkan dengan otak besar.
  5. Otak kecil memiliki 50% jumlah kandungan neuron pada otak. Sehingga otak kecil mempunyai lebih banyak jumlah neuron jika dibandingan dengan otak besar.

sekilas penjelasan tentang Perbedaan Otak Besar (Cerebrum) dan Otak Kecil (Cerebellum), terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...