Fungsi Otak Tengah (Midbrain)

Fungsi-Otak-Tengah

Fungsi Otak Tengah (Midbrain) – Pada kesempatan kali ini kita akan kembali membahas tentang Organ Otak, dimana pembahasan kali ini tentang Midrain atau Otak Tengah. Apa itu Otak Tengah dan Apa fungsi dari Otak Tengah, untuk jawaban dari pertanyaan tersebut silahkan simak ulasan berikut ini :

Pengertian, Struktur dan Fungsi Otak Tengah (Midbrain)

Pengertian Otak Tengah (Midrain)

Otak tengah atau sering disebut Mesencephalon merupakan bagian paling kecil dari Otak Manusia. Serasi dengan namanya, letaknya berada di tengah-tengah otak, tepatnya berada diatas batang otak (brainstem) dan dibawah otak besar (cereberum). Otak Tengah memiliki fungsi utama sebagai stasiun relai untuk informasi pendengaran dan penglihatan.

Struktur dan Bagian-Bagian Otak Tengah

Mindrain atau Otak tengah sendiri terdiri atas 2 (dua) bagian utama, kedua bagian tersebut yaitu Tegmen dan Tectum dan beberapa bagian penunjang lain, yaitu :

1. Tegmentum

Tegmentum adalah jaringan multisinapsis, jaringan ini turut dalam sistem homeostasis (keseimbangan) dan lintasan refleks tubuh. Fungsi utama dari Tegmentum sendiri yaitu untuk mengatur kesadaran. Pada tegmentum terdapat juga beberapa struktur, yang diantaranya yaitu :

  • Nukleus Merah (Red Nuclei)

Nulekus merah merupakan bagian dalam tegmentum yang berperan penting dalam mengatur koordinasi gerak tubuh.

  • Substansia nigra

Substansia nigra tempat membentangnya tegmentum, yang dimana tegmentum berisi nukleus merah yang mengatur fungsi motorik. Substansia nigra merupakan struktur berwarna gelap berisi banyak neuron yang menghasilkan dopamin. Bagian ini juga berperan dalam pengontrolan gerakan badan.

2. Tectum

Tectum sendiri terdiri atas 2 (dua) pasang colliculi yang secara bersamaan dan disebut Corpora Quadrigemina, dan berikut ini 2 pasang Colliculi tersebut :

  • Superior colliculi ialah colliculi yang memiliki peran dalam proses awal visual serta mengendalikan gerakan mata.
  • Inferior Colliculi ialah colliculi yang berperan dalam proses pendengaran.
BACA JUGA :   Penyebab Virus Dikatakan Sebagai Metaorganisme

3. Pendukulus Serebri (cerebral peduncle)

Pendukulus Serebri atau yang disebut juga crus serebri ialah bundel saraf yang terdiri dari saraf sensoris dan motoris yang membawa informasi antara otak besar (cerebrum) dan pons.

Fungsi Otak Tengah

Kita ingatkan kembali bahwa Fungsi Utama dari otak tengah sebagai stasiun relai informasi pengengaran (audio) dan Penglihatan (Visual). Dan berikut ini beberapa fungsi lainnya dari Otak Tengah atau Midbrain :

  • Otak tengah berfungsi sebagai pengatur tanggapan dari rangsangan yang bersangkutan dengan informasi sensorik. Sebagai Contohnya yaitu, Di saat tangan sedang memegang suatu hal yang panas, secara otomatis otak tengah akan mengatur tangan untuk menjauh dari pusat panas tersebut.
  • Otak tengah juga bertindak dalam gerakan otot.
  • Berfungsi dalam meningkatkan daya ingat, hal ini akan membuat seorang mampu belajar dalam tempo yang lebih singkat.
  • Ikut berperan dalam pengembangan kemampuan inovasi dan kreativitas.
  • Meningkatkan intuisi dan daya tangkap.

Itulah sekilas penjelasan tentang Fungsi Otak Tengah (Midbrain), terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka