Pengertian, Ciri-Ciri dan Cara membuat Ringkasan Beserta Contohnya

Pengertian, Ciri-Ciri dan Cara membuat Ringkasan Beserta Contohnya

Posted on

Pengertian, Ciri-Ciri dan Cara membuat Ringkasan Beserta Contohnya – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Ringkasan. Apa itu Ringkasan dan Apa saja contohnya, untuk menjawab rasa penasaran dari pertanyaan tersebut silahkan simak ulasannya berikut ini :

Pengertian Ringkasan

Ringkasan (dalam bahasa Inggris Resume) merupakan sebuah penyampaian peristiwa atau kejadian yang panjang dan disajikan secara singkat. Atau cara yang baik dalam memotong atau memangkas sajian sebuah hasil karangan yang panjang dan disajikan dalam bentuk sajian yang singkat.

Ringkasan sebenarnya berbeda dengan ikhtisar, meskipun ke dua istilah itu sering disampaikan, akan tetapi sebenarnya kedua istilah tersebut berbeda. Karena ringksan merupakan hasil dari sebuah karangan yang asli, namun dalam penyajiannya harus tetap menjaga (mempertahankan) urutan dan rumusan yang asli dari pengarangnya.

Dan sedangkan Ikhtisar dapat dibilang kebalikannya, ikhtisar tidak menggunakan susunan atau sistematika, yang tidak perlu sesuai dengan karangan aslinya serta tidak perlu secara proposional atau tidak memerlukan sajian isi dari semua hasil karangan itu sendiri.

Ciri-Ciri Ringkasan

  • Ringkasan Harus mempunyai kerangka dasar yang jelas
  • Ringkasan Harus mempunyai inti yang tidak menghilangkan hasil dari karangan asli
  • Dalam memangkas (mememotong) gagasan harus terperinci (detail)
  • Ringkasan Memiliki tujuan untuk memangkas hasil gagasan.

Cara membuat ringkasan

Terdapat 2 bentuk dalam membuat ringkasan, yakni bentuk uraian atau paragraf (verba) dan bentuk bagan atau skema (non-verba). Adapun ringkasan dalam bentuk skema harus memiliki gagasan yang telah ada di dalam teks sumbernya.

Sebelum membuat skema (bagan), perlu dicatat terlebih dahulu inti-inti dari sumber informsi sebelum membentuk unsur-unsur skema. Adapun dalam membuat sebuah ringkasan ada beberapa cara yang dapat dijadikan sebuah pegangan atau panduan yang baik dan teratur, yaitu sebagai berikut :

Membaca naskah asli

Hal yang perlu dilakukan sebelum membuat sebuah ringkasan ialah dengan melakukan setidaknya satu sampai 2 (dua) kali dalam pembacaan naskah asli, agar mendapatkan atau mengetahui kesan umum serta sudut pandang dari pengarang aslinya.

Mencatat gagasan utama

Setelah selesai membaca naskah asli, dan telah menangkap maksud, kesan umum, dan sudut pandang dari pengarang aslinya, selanjutnya memcatat gagasan utama atau gagasan yang penting.

Mengadakan reproduksi

Setelah melakukan kedua cara diatas, maka seorang penulis telah siap untuk membuat sebuah ringkasan. Dan yang perlu diperhatikan oleh seorang penulis ringkasan ialah harus membuat sebuah kalimat yang baru, merangkai semua gagasan menjadi sebuah wacana yang teratur dan jelas, serta hal yang terpenting harus bisa di terima oleh akal sehat.

Contoh Ringkasan

Membentuk Dunia yang Lebih Hijau

Setelah bekerja pada bidang rekayasa selama satu dekade terakhir, saya telah menemukan bahwa gairah saya berada pada penciptaan produk dan solusi yang berkontribusi pada dunia yang jauh lebih hijau dan lebih bersih. Dan ini merupakan tantangan berguna yang menawarkan kesempatan dalam membuat perbedaan. Saya percaya pekerjaan ini sangat berarti jika memungkinkan kita untuk membentuk perubahan positif. Dan itu sebabnya saya melakukan apa yang saya lakukan.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Ciri-Ciri dan Cara membuat Ringkasan Beserta Contohnya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...