Pengertian, Jenis, Karakteristik dan Fungsi Media Massa Beserta Perkembangannya

Pengertian, Ciri dan Macam Esai Beserta Cara Membuatnya

Posted on

Pengertian, Ciri dan Macam Esai Beserta Cara Membuatnya – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Esai, kita mungkin sudah familiar tentang apa yang namanya Esai, Namun tidak jarang juga diantara kita yang belum mengetahui apa itu Esai. Untuk jelasnya silahkan simak penjelasan dibawah ini :

Pengertian Esai

Pengertian esai menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ialah suatu karya sastra tulis yang masuk dalam prosa yang membahas suatu kajian atau masalah dengan sepintas berdasarkan sudut pandang penulis.

Menurut Soetomo, esai ialah salah satu karangan pendek yang berdasarkan dari cara pandang seseorang dalam menyikapi suatu masalah. Dalam pengertian lain esai ialah karya tulis berupa suatu opini atau pendapat seseorang pada suatu permasalahan yang sedang ramai diperbincangkan atau menarik perhatian sang penulis esai. Esai ini hampir sama dengan tajuk rencana pada sebuah surat kabar, namun sedikit berbeda. Tajuk rencana hanya boleh ditulis oleh kepala editor dan esai bisa ditulis oleh semua orang.

Ciri Esai

Secara umum, jarya bisa digolongkan dalam esai jika memiliki ciri-ciri :

– Berupa karangan pendek

Esai ialah salah satu prosa yang merupakan karya sastra yang berbentuk tulisan. Esai ditulis dengan kalimat singkat atau pendek karena itu berisi kajian yang singkat, padat dan jelas.

– Sengan gaya bahasa yang khas

Esai dapat ditulis oleh semua orang yang ingin mennaggapi suatu permasalahan, oleh karenanya esai memiliki gaya bahasa yang khas yang sesuai dnegan karakter penulisnya.

Macam Atau Kategori

Dalam menulis esai, sebuah keterampilan sangat dibutuhkan, banyaknya macam masalah yang muncul membuat esai dibagi dalam beberapa kategori, yakni :

– Deskriptif

Esai yang mendeskripsikan seseorang atau benda yang menarik perhatian pengarang. Objek yang dideskripsikan dalam esai jenis deskripsi bisa berupa rumah, hewan dan lain sebagainya.

– Tajuk

Esai yang sering dimuat dalam surat kabar. Esai jenis ini menyikapi isu-isu yang sedang berkembang di lingkungan masyarakat seperti politik, kebijakan pemerintah dan lain sebagainya. Esai dalam jenis tajuk biasanya dimuat dalam kolom opini yang merupakan suatu wadah aspirasi masyarakat untuk bisa mengungkapkan pandangannya terhadap isu yang sedang berkembang. Kebijakan jenis tajuk tidak hanya menyikapi tentang politik, bisa tentang gaya hidup, fashion dan lain sebagainya tergantung dengan jenis surat kabar.

– Cukilan watak

Esai jenis ini membuat seorang penulis menjelaskan cuplikan watak seseorang dalam isu yang terkait pada pembaca. Esai ini tidak menulis tentang biografi seseorang namun hanya menulis tentang sepenggal watak yang dimiliki tokoh yang terkait dalam esai atau isu tersebut.

– Pribadi

Sama dengan esai jenis cukilan watak hanya saja dalam esai pribadi, penulis akan menceritakan tentang dirinya dalam esai. Denga tegad penulis akan mengatakan pendapatnya terkait isu yang menarik perhatiannya.

– Reflektif

Esai yang dibuat uanutk merenungkan isu politik yang berkembang, kebijakan yang dibuat pemerintah dan isu-isu penting lainnya yang biasanya esai jenis ini ditulis oleh seorang cendikiawan untuk menanggapi isu tersebut.

Cara Menulis Esai

  • Menentukan suatu tema atau isu yang akan diangkat
  • Membuat ide pokok atau garis besar yang nantinya akan dikembangkan menjadi paragraf
  • Mengenbangkan garis besar atau ide pokok pada paragraf diikuti dengan pendapat pribadi dari sang penulis

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Ciri dan Macam Esai Beserta Cara Membuatnya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>


Loading...