Pengertian dan Ciri-Ciri Paragraf Ineratif Beserta Contohnya

Pengertian dan Ciri-Ciri Paragraf Ineratif Beserta Contohnya

Posted on

Pengertian dan Ciri-Ciri Paragraf Ineratif Beserta Contohnya – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Ineratif. Apa itu Ineratif, untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan simak ulasan dibawah ini :

Pengertian Ineratif

Paragraf ineratif atau inerasi merupakan jenis paragraf yang tersusun dari kalimat utama yang teletak di tengah paragraf. Umumnya, paragraf ini memiliki pola “khusus-umum-khusus” atau “kalimat penjelas-kalimat utama-kalimat penjelas“.

Adapun kalimat penjelasan yang terletak diawal paragraf ineratif, berfungsi sebagai pengantar atau pembuka paragraf. Sedangkan, kalimat utama yang terletak ditengah paragraf berfungsi sebagai gagasan utama dari paragraf ineratif. Dan kalimat penjelasan yang berada di akhir paragraf, memiliki fungsi sebagai penegas atau kesimpulan dari paragraf ineratif. Paragraf ineratif sendiri termasuk kedalam satu dari beberapa jenis paragraf menurut posisi kalimatnya, serta ada juga paragraf induktif, paragraf deduktif dan paragraf campuran.

Ciri-Ciri Paragraf Ineratif

Berikut ini beberapa ciri-ciri dari paragraf ineratif yang antara lain :

  • Kalimat utama terletak dibagian tengah paragraf
  • Kalimat awal merupakan kalimat penjelas yang berfungsi sebagai pengantar paragraf
  • Kalimat terakhir merupakan kesimpulan atau penutup dari paragraf.

Contoh Paragraf Ineratif

Contoh 1

Mengesampinkan kesehatan tubuh pada saat bekerja di malam hari akan membuat badan justru akan rentang terkena penyakit saat melakukan pekerjaan. Dan oleh sebab itu, menjaga kesehatan yang bekerja di malam hari sangatlah penting dilakukan. Adapun beberapa hal yang dapat dilakukan agar pekerja malam bisa tetap menjaga kesehatannya diantaranya sebagai berikut : mengkonsumsi makanan sehat, tidur sejenak pada saat istirahat dan berolahraga sebelum bekerja.

Contoh 2

Para penguna internet di negara ini semakin tinggi saja. Sayang, tingginya jumlah dari pengguna tersebut tidaklah seimbang dengan tingkat kedewasaan dari penggunanya. Oleh Sebab itu, sosialisasi penggunaan internet secara dewasa wajar untuk dilakukan oleh seluruh pihak. Adapun beberapa bentuk sosialiasai yang dapat dilakukan, bisa dalam bentuk mengadakan seminar, video tutorial penggunaan internet secara dewasa serta cara-cara lainnya.

Contoh 3

Buah itu bulat seperti bola. Kulitnya terasa keras seperti batu. Dan inilah buah Kawis yang daging buahnya mempunyai warna hitam. Jika diseduh dengan air, rasanya sangat mirip dengan minuman bersoda rasa kola.

Contoh 4

Penggunaan rotan sangat sering dibuat sebagai bahan baku mebel, yaitu seperti kursi, meja dan rak buku. Adapun Pemanfaatan rotan sebagai bahan baku mebel juga memiliki kelebihan serta kekurangan. Rotan memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan kayu, seperti ringan, kuat, serta mudah dibentuk dan tentu harganya murah. Sedangkan kelemahannya ialah lebih cepat terkena kutu bubuk.

Contoh 5

Proses itu tidak memerlukan perkawinan. Dengan kata lain, Amoeba tidak memerlukan amoeba lainnya dalam perkembang biak. Karena Amoeba berkembang biak dengan cara membelah diri. Hewan ini memiliki suatu sel yang dinamakan dengan inti sel. Dan Sel inilah yang kemudian akan berubah menjadi dua. Sel itu nantinya akan memisah dan membentuk dua kutub yang salih menjauh.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian dan Ciri-Ciri Paragraf Ineratif Beserta Contohnya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...