Pengertian, Fungsi, Hakikat dan Unsur Identitas Nasional Beserta Contohnya

Posted on

Pengertian, Fungsi, Hakikat dan Unsur Identitas Nasional Beserta Contohnya – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Identitas Nasional. Apa itu Identitas Nasional, untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan simak penjelasan dibawah ini :

Pengertian Identitas Nasional

Identias merupakan sifat khusus atau khas yang menjelaskan dan sesuai dengan kesadaran diri sendiri., kelompok, golongan, komunitas maupun negara. Dari pengertian ini, identitas tidak terbatas pada suatu individu naun bisa pada suatu golongan.

Pengertian, Fungsi, Hakikat dan Unsur Identitas Nasional Beserta Contohnya

Dan nasional ialah identitas yang melekat pada kelompok yang lebih besar yang disatukan oleh kesamaan, baik itu kesamaan fisik, kesamaan agama, kesamaan budaya dan kesamaan bahasa, kesamaan non fisik juga bisa menjadi pengikuat seperti kesamaan pada cita-cita, tujuan atau keinginan.

Identitas nasional merupakan suatu cii yang ada pada sebuah bangsa, secara fisiologi yang bisa membedakan bangsa itu dengan bangsa lain. Dari pengertian itu maka setiap bangsa akan memiliki identitas masing-masing sesuai dnegan keunikan yang dimiliki, ciri dan bagaimana bangsa itu terbentuk secara historis.

Fungsi Identitas Nasional

  • Sebagai alat pemersatu bangsa
  • Ciri khas yang membedakan dari sebuah bangsa dari bangsa yang lainnya
  • Pegangan atau landasan bagi sebuah negara untuk bisa berkembang atau untuk mewujudkan potensi yang dimiliki.

Hakikat Identitas Nasional

Hakikat nasional sebagai bangsa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yakni Pancasila yang aktualisasinya dalam penataan kehidupan dalam artian luas. Seperti dalam aturan undang-undang atau moral secara normatif diterapkan dalam bermasyarakat, baik dalam tataran nasional atau internasional.

Dengan begitu nilai budaya yang tercemin dalam identitas nasional bukanlah baang jadi yang telah selesai dalam kebekuan normatif dan domatis, selain sesuatu yang etrbuk cenderung terus bersemi karena adanya hasrat menuju kemajuan yang ada oleh masyarakat. Konsekuensi serta implikasinya merupakan identitas nasional yakni sesuatu yang terbuka untuk ditafsirkan dengan diberi arti baru supaya tetap relevan dan fungsional dalam kondisi yang aktual berkembang dalam masyarakat.

Unsur Identitas Nasional

Identitas nasional merupakan ciri yang bisa membedakan negara Indonesia dengan negaa lain. Identitas nasional dibuat dan disepakati oleh paan pendii bangsa. Identitas nasional tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 35 – 36 C. Identitas nasional yang dapat menunjukan jati dii bangsa antara lain :

  • Bahasa Persatuan yakni Bahasa Indonesia
  • Bendera Merah Putih
  • Bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Lambang Negara
  • Lagu Kebangsaan
  • Semboyan Negara
  • Hukum Dasar Negara yakni UUD 1945
  • Dasar Filsafah Negara
  • Konsep Wawasan Nusantara
  • Kebudayaan daeah yan sudah diterima sebagai suatu Kebudayaan Nasional

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian, Fungsi, Hakikat dan Unsur Identitas Nasional Beserta Contohnya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...