7 Pengertian Senam Menurut Para Ahli

7 Pengertian Senam Menurut Para Ahli

Posted on

7 Pengertian Senam Menurut Para Ahli – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Senam, dimana fokus bahasan kita kali ini tentang Pengertian Senam menurut beberapa ahli, untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

Pengertian Senam

Senam atau dalam bahasa Inggris gymnastics ialah salah satu dari cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang memerlukan kekuatan, kecepatan serta keserasian gerakan fisik yang teratur. Adapun Pengertian lain dari senam ialah suatu cabang olahraga latihan tubuh yang dibentuk serta dipilih secara sengaja, sadar dan terencana, yang disusun secara sistematis dengan tujuan agar dapat meningkatkan kesegaran jasmani, menjadikan keterampilan berkembang dan menanamkan nilai mental spiritual.

Pengertian Senam Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian Senam Menurut Para Ahli dibidangnya, yaitu :

1. Mahendra (2000:14)

Menurutnnya, senam itu adalah suatu bentuk dari kegiatan utama yang sangat bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik serta kemampuan gerak (motorability).

2. Madijono (2010:1)

Menurutnya, senam itu adalah suatu bentuk dari latihan jasmani yang sistematis, teratur serta terencana dengan melakukan gerakan-gerakan yang spesifik agar bisa memperoleh manfaat dalam tubuh.

3. Sutrisno dan Khadafi (2010:60)

Menurut mereka, senam itu adalah bentuk dari latihan fisik yang telah disusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan yang sudah dipilih dan terencana agar bisa mencapai tujuan tertentu.

4. Margono (2009:19)

Menurutnya, senam itu adalah latihan gerakan tubuh yang sudah dipilih dan diciptakan dengan terencana, serta disusun secara sistematis yang mana bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonis.

5. Imam Hidayat dalam Hendra Agusta (2009:9)

Menurut mereka, senam adalah bentuk dari latihan tubuh yang telah terpilih dan dikonstruk dengan sengaja, serta dilakukan secara sadar dan terencana, serta disusun secara sistematis bertujuan agar dapat meningkatkan kesegaran jasmani, mengembangkan keterampilan dan menanamkan nilai-nilai mental spiritual.

6. Peter H. Werner dalam Muhajir (2006:70)

Mnurutnya, senam itu adalah suatu latihan tubuh pada lantai atau juga pada alat yang sudah dirancang agar bisa mingkatkan daya tahan kekuatan, kelenturan, kelincahan, koordinasi serta kontrol diri.

7. Muhajir (2006:71)

Menurutnya, senam itu adalah suatu kegiatan utama yang sangat bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik dan komponen gerak.

Sekian penjelasan dari kami tentang 7 Pengertian Senam Menurut Para Ahli, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...