Pengertian, Tujuan dan Manfaat Augmented Reality Serta Alat dan Bahannya

Posted on
Rate this post

Pengertian, Tujuan dan Manfaat Augmented Reality Serta Alat dan Bahannya – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas teknologi terbaru yaitu AR. Apa itu AR, Apa tujuan dan Manfaat dari AR. Untuk menjawab pertanyaan tersebut. Silahkan simak ulasannya berikut :

Pengertian Augmented Reality

Pengertian, Tujuan dan Manfaat Augmented Reality Serta Alat dan Bahannya

Augmented Reality atau yang lebih sering disebut AR (Augmented Reality) merupakan teknologi yang menyatukan atau menggabungkan benda maya 2D (Dua Dimensi) ataupun 3D (Tiga Dimensi) ke dalam suatu lingkungan nyata 3D (Tiga Dimensi) dan kemudian memproyeksikan benda-benda tersebut ke dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang seutuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah (Augmented Reality) hanya sekadar menambahkan atau melengkapi kenyataan.

Fungsi Augmented Reality (AR)

Fungsi dari AR yaitu untuk menambah persepsi seseorang, dari dunia yang ada disekelilingnya dan menjadikan beberapa dunia virtual dan nyata sebagai antarmuka yang baru dan dapat menunjukkan informasi yang relevan dan dapat membantu dalam bidang pendidikan, pelatihan, perbaikkan atau pemeliharan, manufaktur, militer, permainan dan semua macam hiburan.

Manfaat Augmented Reality (AR)

Augmented Reality (AR) memiliki banyak manfaat, dan berikut beberapa manfaat dari teknolog Augmented Reality (AR) :

  • Hiburan (Entertainment)

Dunia hiburan juga dapat memanfaatkan AR sebagai penunjang efek-efek yang akan dihasilkan oleh hiburan tersebut. Sebagai contohnya yakni, saat seorang wartawan cuaca memperkirakan ramalan cuacan dan berdiri di depan layar hijau atau biru.

Selanjutnya dengan bantuan teknologi AR layar hijau ataupun biru tersebut berubah menjadi gambar animasi mengenai cuaca, dan menjadikan seolah-olah wartawan tersbeut masuk ke dalam animasi tersebut.

  • Militer Training

Pada Militer Training, teknologi ini dapat digunakan pada latihan tempur. Contoh dengan menggunakan AR dapat membuat suatu permainan perang, yang mana para prajurit akan masuk ke dalam permainan tersebut dan seolah-olah sedang melakukan perang secara nyata.

  • Engineering Design

Seorang engineering desin tentunya memerlukan AR dalam menggambarkan hasil designnya secara nyata kepada para klien. Hal ini Agar klien mengetahui mengenai spesifikasi secara detail mengenai desain yang dibuat.

  • Dalam bidang robotika

Selain itu dalam bidang Robotics dan Telerobotics, seorang operator robot menggunakan panel dari pencitraan visual dalam melakukan kendali robot, sehingga penerapan AR sangat diperlukan pada dunia robotika.

  • Consumer Design

AR sudah dipakai dalam melakukan promosi (pengiklanan) produk. Sebagai contoh yaitu seorang pengembang memakai brosur virtual dalam memberikan informasi yang rinci secara 3D (Tiga Dimensi), dan menjadikan pelanggan dapat mengetahui secara jelas, produk yang ditawarkan.

  • Kedokteran (Medical)

Teknologi AR memang sangat diperlukan pada dunia kedoteran, contohnya yaitu dalam pengenalan operasi, pengenalan pembuatan vaksin virus, dl. Untuk itu, bidang kedokteran akan melakukan penerapan AR pada visualisasi penelitian mereka.

Alat dan Bahan Augmented Reality (AR)

Dalam teknologi AR, ada beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatannya, yang antara lain:

Hardware

  • Komputer/Laptop
  • Mouse
  • Software

ArToolkit

ArToolkit ialah software library dalam menciptakan AR. Aplikasi ini sendiri merupakan aplikasi yang mengikut-sertakan overlay pencitraan virtual ke dunia nyata.

Blender

Blender merupakan software terbuka (open source) grafika komputer 3D. Perangkat ini dapat dipakai dalam pembuatan film animasi efek visual, model cetak 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital dan rendering.

Marker

Marker merupakan pola yang dibuat dalam bentuk gambar yang telah dicetak dengan printer yang akan dikenali oleh kamera. Marker pada ArToolkit ialah gambar yang tersusun atas border, outline dan pattern images

Sekian ulasan dari kami tentang Pengertian, Tujuan dan Manfaat Augmented Reality Serta Alat dan Bahannya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>