Fungsi Punuk Pada Unta Yang Unik Bentuknya

Fungsi Punuk Pada Unta Yang Unik Bentuknya

Fungsi Punuk Pada Unta Yang Unik Bentuknya – Unta ialah spesies hewan berkuku belah dari genus Camelus yang ditemukan hidup di wilayah kering dan gurun yang terdapat di wilayah Asia dan Afrika Utara. Harapan hidup dari seekor unta anatara 30 hingga 50 tahun.

Domestikasi unta oleh manusia dimulai sekitar 5000 tahun yang lalu, unta dimanfaatkan antara lai sebagai hewan pekerja, diambil susunya karena memiliki nilai gizi yang lebih tinggi dari susu sapi dan dagingnya.

Kemampuan Adaptasi Ekologi

Seperti yang sama-sama kita ketahui unta hidup di padang pasir yang suhu udaranya bisa membunuh mayoritas makhluk hidup. Selain itu, unta ini bisa bertahan hidup tanpa makan atau minum selama beberapa hari.

Ada banyak faktor yang mendukung mereka untuk mampu beradaptasi, salah satunya ialah punuk yang dimiliki. Banyak orang berfikir bahwa punuk itu berisi air, akan tetapi itu salah karena punuk unta berisi lemak yang di beberapa titik bisa dikonversi kedalam air dengan bantuan dari hasil respirasi oksigen. Satu gram punuk ini bisa diubah menjadi satu gram air.

Adaptasi lain ialah luar biasanya sistem respirasi yang akan meninggalkan sedikit jejak kelembapan, uap air yang berasal dari paru – paru akan diserap kembali oleh tubuh melalui sel khusus yang letaknya dihidung dalam, membentuk kristal – kristal dan bisa diambil kapanpun.

Tubuh unta bisa bertahan hingga suhu 41 derajad celcius, selain itu untuk mulai akan berkeringat. Pengua[an keringat terjadi pada kulit, tidak pada rambut. Dengan cara pendinginan yang sangat efisien maka unta mampu menghemat cukup banyak air.

BACA JUGA :   Pengertian Ciri Klasifikasi dan Contoh Tumbuhan Lumut Bryophyta

Unta dapat bertahan dengan hilangnya masa sekitar 20% hingga 25% selama berkeringat. Mayoritas makhluk hidup hanya bisa bertahan kehilanggan masa hanya sekitar 3% hingga 4% sebelum gagal jantung terjadi karena akan terjadi penebalan darah. Walau unta kehilangan banyak cairan, darah akan tetap terhidrasi hingga batas akhir 25% tercapai.

Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi kenapa darah unta bisa mengental dimana kondisi darah sebagian besar makhluk hidup tidak bisa seperti unta. Camel sel darah berbentuk oval bukan bulat seperti yang terdapat pda makhluk hidup lainnya, selain itu unta juga memiliki kekebalan tubuh yang cukup unik.

Semua mamalia memiliki Y yang berbentuk antibodi dengan dua rantai panjang sepanjang Y dengan dua rantai yang pendek pada setiap ujung Y. Akan tetapi unta hanya mempunyai dua rantai panjang yang membuat bentuk lebih kecil sehingga mengurangi kemungkinan darah akan mengental.

Ginjal dan ususnya sangat efisien dalam menyaring air, bentuk urin yang sangat kental dan feses mereka sangat kering sehingga bisa langusng kita bakar saat dikeluarkan.

Fungsi Punuk Unta

Saat unta lahir punuknya hanya berbentuk kantung kulit yang fleksibel dan kodong namun saat ia tumbuh maka jaringan lemak khusus yang dibentuk di punuknya sehingga punuk mulai terbentuk dan berisi lemak. Lemak khusus ini bia berubah menjadi air dengan bantuan dari hasil respirasi oksigen.

Dengan abntuan dari lemak ini maka punuk di unta bisa bertahan hingga dua pekan tanpa makanan. Selain karena kemampuannya, tempat hidup mereka juga mendukung dimana mereka tinggal di daerah padang pasir, dimana makanan menjadi sangat langka.

Selama ribuan tahun, punuk pada unta juga membantu orang yang memeliharanya, mereka tidak perlu banyak makanan dan kuat untuk mengangkut dan mengantarkan barang.

BACA JUGA :   Pengertian dan Macam Metabolisme Pada Manusia

Unta yang berpunuk dua dimanfaatkan manusia sejak sekitar 2500 SM di wilayah Iran Utaar, Afganistan Timur Laut dan Pakistan Utaara dan unta berpunuk satu digunakan antara 400 hingg 200 SM di Arab.

Sekian penjelasan dari kami tentang Fungsi Punuk Pada Unta Yang Unik Bentuknya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka