Pengertian, Bahaya dan Gejala Disintegrasi Bangsa Beserta Cara Penanggulangannya

Pengertian, Bahaya dan Gejala Disintegrasi Bangsa Beserta Cara Penanggulangannya

Posted on

Pengertian, Bahaya dan Gejala Disintegrasi Bangsa Beserta Cara Penanggulangannya – Disintegrasi ialah salah stu keadaan atau kondisi yang tidak bersatu dalam menghilangkan persatuan atau keutuhan dan menyebabkan sebuah perpecahan.

Bahaya Disintegrasi Bangsa

Negara kita mempunyai keanekaragaman dan merupakan sebagai negara kepulauam baik dilihat dari bebagai segi, seperti dilihat dari segi bahasa, agama, ras dan adat istiadat serta kondisi faktual pada sisi lain ialah sebuah kekayaan bangsa kita, yang merupakan perbedaan denganbangsa – bangsa lain yang harus tetap dipelihara dan di jaga.

Keberagaman ini juga mempunyai potensi konflik yang jika tidak dikelola dengan baik maka daat mengganggu persatuan, keutuhan dan kesatuan bangsa, seperti gerakan separatisme yang ingin memisahkan diri dari NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia karena ketidak puasan dan prbedaan pada kepentingan yang dapat berakibat pada terjadinya sidintegritas bangsa. Ptensi tersebut sangat besar, ini dapat kita lihat dari banyaknya masalah yang kompleks yang sering terjadi dan apa bila tidak diberi solusi pemahamannya dapat berdampak pada meningkatnya konflik.

Gejala Disintegrasi

Disintegrasi di negara kita ditandai dengan beberrapa gejala, antara lain :

  • Tidak mempunyai persamaan persepsi atau pandangan dari anggita masyarakat mengenai tujuan awal dijadikan sebagai peoman oleh setiap anggota.
  • Perilaku setiap masyarakat lebih cenderung untuk melawan atau melanggar nilai serta norma yang telah disepakati atau disetujui bersama.
  • Sering terjadi pertentangan antara norma yang berlaku dalam masyarakat.
  • Nilai serta norma yang ada dalam masyarakat tidak lagi berfungsi dengan baik dan maksimal sebagaimana seharusnya.
  • Tidak ada komitmen dan konsistensi bersama pada pelaksanaan hukuman atau sanksi bagi mereka yang melanggar norma yang berlku di masyarakat.
  • Sering terjadinya proses sosial dalam masyarakat yang sifatnya disosiatif, seprti terjadinya persaingan yang tidak sehat, saling hasut antar warga, sering melakukan fitnah, pertentangan antar warga atau antar kelompok dan lain sebagainya.

Penanggulangan Disintegrasi

Kebijakan yang dibutuhkan untuk memperkuat upaya integrasi nasional ialah sebagai berikut :

  • Membanun dan menghidupkan dengan berkesinambungan komitmen, keinginan atua kehendak dan kesadaran untuk bersatu.
  • Menghasilkan sebuah kondisi yang mendukung komitmen, keinginan atau kehendak serta kesadaran untuk bisa bersatu dan membiasakan diri untuk membangun konsensus.
  • Membangun sebuah kelembagaan yang memiliki norma dan bernilai untuk menyuburkan persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Merumuskan kebijakan dan regulasi yang konkret, tepat dan tegas dalam semua aspek kehidupan dan pembangunan bangsa yang mencerminkan keadilan untuk semua pihak dan semua wilayah.
  • Usaha dengan bersama dan pembinaan integrasi nasional membutuhkan cara kepemimpinan yang arif dan efektif.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Bahaya dan Gejala Disintegrasi Bangsa Beserta Cara Penanggulangannya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>


Loading...