Pengertian, Fungsi, Struktur dan Bagian Kelenjar Paratiroid

Posted on

Pengertian, Fungsi, Struktur dan Bagian Kelenjar Paratiroid

Pengertian Kelenjar Paratiroid

Kelenjar paratiroid ialah kelenjar endoktrin yang memiliki fungsi untuk mendekresi hormon paratiroid. Kelenjar ini biasanya terletak pada leher dan pada manusia terdapat empat buah kelenjar paratiroid.

Disebut kelenjar paratiroid karena ia terletak di belakang kelenjar tiroid, hormon paratiroid yang dihasilkan memiliki fungsi untuk melakukan kontrol kadar kalsium dalam darah dan tulang. Kelenjar ini akan terus bereproduksi dengan konstan hingga seseorang sudah mencapai usia 30 tahun.

Fungsi Kelenjar Paratiroid

Fungsi utama dair kelenjar ini adalam memproduksi hormon paratiroid, ini merupakan hormon peptida yang memiliki fungsi untuk mengattr kadar kalsium dalam tulang dan darah. Selain berfungsi sebagai pengatur kadar kalsium, hormon ini juga bisa menurunkan fosfat dalam darah dan meningkatkan sekresi fosfat dalam urin.

Hormon ini juga bisa mingkatkan pembentukan 1,25 dihidroksi kolikalsiferol, metabolit aktif dari vitamin D. Naiknya tingkat konsentrasi kalsium dalam tubuh bisa disebabkan oleh dua efek. yakni :

  • Efek hormon paratiroid yang menjadi penyebab terjadinya penyerapan kalsium dan fosfat dari tulang.
  • Efek hormon paratiroid dalam mengurangi jumlah pengeluaran atau ekskresi kalsium oleh ginjal.

Struktur dan Bagian – Bagian Kelenjar Paratiroid

Pada satu kelenjar memiliki panjang 6 milimeter, dengan lebar sekitar 3 mm serta tebal sekitar 2 mm. Jika seseorang mempunyia ukuran kelenjar yang jauh lebih besar dari ukuran normal maka kemungkinan orang itu menderita penyakit hiperparatiroid atau menderita tumor, warna kelenjar ini umumnya berwarna coklat kehitaman.

Pada menusia terdapat empat kelenjar paratiroid, biasanya ada dua kelenjar paratiroid di setiap sisi yakni atas dan bawah, namun jumlah ini bisa bervariasi, bisa saja lebih atau kurang. Pada orang dewasa kelenjar ini memiliki sel pemimpin atau Chied Cell yang mengandung apparatus golgi yakni tempat diproduksinya kelenjar paratiroid.

Pada kelenjar tiroid juga ada sel oksifil yang mengandung granula oksifil dan sejumlah besar mitokondria di dalam sitoplasmanya, sebelum mengalami pubertas hanya ditemui sedikit sel oksifil akan tetapi setelah itu jumlah sel ini akan meningkat sesuai dnegan usia. Fungsi dari sel oksifil ini belum sepenuhnya dimengerti, mungkin sja sel ini ialah modifikasi atau sisa dari chief sel yang tidak lagi memproduksi hormon.

Sirkulasi darah menuju kelenjar paratiriod umumnya dilakukan oleh cabang arteri tiroidea inferior di setiap sisi. Sepertiga kelenjar ini yang terdapat pada manusia mempunyai dua atau lebih arteri paratiroid. Pembuluh limfe paratiroid beragam dan memiliki hubungan dengan pembuluh limfe kelenjar tiroid dan kelenjar thymus. Sistem syaraf pada kelenjar paratiroid ialah saraf yang sifatnya simpatis langsung dari ganglia servikalis superior atau metida.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Fungsi, Struktur dan Bagian Kelenjar Paratiroid, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>


Loading...