Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Jenis Huruf Beserta Contohnya

Posted on

Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Jenis Huruf Beserta Contohnya

Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Jenis Huruf Beserta Contohnya – Karena keterbatasan informasi yang bisa didapatkan saat zaman dahulu maka terdapat banyak sumber mengenai kapan pertama kalinya huruf terbentuk. Namun teori yang paling kuat ialah dengan Teoti Mesir Kuno, Sekitar tahun 4000 SM teks yang berupa tulisan yang terdiri dari beberapa huruf sudah terdapat di Mesir.

Bukti dari huruf ini bisa ditemuka di perpustakaan tertua yang ada di Mesir, Huruf yang dipakai oleh orang – orang saat itu dikenal dengan Sistem Huruf Hiroglif yang katanya sistem ini terdiri dari 22 huruf.

Akan tetapi sumber lain menagtakan bahwa sistem huruf pertama kali dipakai bangsa Sumeria, sekarang dikenal dengan Irak pada sekitar 3000 tahun lalu dengan sistem yang dipakai dikenall dengan sistem Paku.

Seperti yang kita ketahui pada masa itu masih terjadi perang dalam memperebutkan kekuasaan sehingga saat Bangsa Sumeria dikalahkan oleh bangsa lain maka tulisan dan sistem huruf mereka juga ikut diambil alih dan pada akhirnya Bangsa Babilonia, Persia dan yang lainnya juga dapat mengenal sistem huruf paku tadi.

Dan sistem huruf yang kita kenal sekarang dan kita gunakan ialah sistem Alfabet, awalnya berasal dari bahasa yang digunakan oleh Bangsa Semit. Secara bahasa Alphabet dari dua kata yakni Aleph yang artinya Sapi jantan dan Beth yang artinya Rumah, selanjutnya sistem ini berkembang ke Jazirah Arab, Eropa dan Asia.

PAda awalnya didtem Alphabet ini terdiri dari 23 huruf yang sangat sederhana selanjutnya dikembangkan oleh Bangsa Yunani dengan menerapkan bentuk – bentuk yang geometris pada masing – masing huruf, termasuk juga penerapan baca dari kiri ke kanan sampai kahirnya sistem ini disempurnakan oleh Bangsa ROmawi hingga sekarang menjadi 26 huruf dan dengan simbol yang kita kenal hingga sekarang.

Pengertian Huruf

Huruf ialah satuan kecil yang berupa bentuk atau lambang dari suatu sistem tulisan. Huruf yang digunakan dalam bahasa kita ialah sistem 26 huruf dalam alphabet latin moderen dan juga dnegan sistem huruf yang berbeda. Seperti 27 huruf dalam Hiragana. Masing – masing huruf mempunyai suatu bunyi yang menjadi arti lambangnya, bunyi ini disebut dengan fenom huruf.

Fungsi Huruf

Huruf dipakai guna membentuk kata sehingga mempunyai arti dan bisa mewakili sesuatu yang ingin disampaikan. Dapat kita katakan bahwa huruf ialah komponen yang membantu manusia dalam melakukan komunikasi antara satu dengan yang lain, bisa kita bayangkan jika tidak ada huruf sudah pasti kita akan sangat kesulitan untuk menyampaikan suatu informasi.

Jenis – Jenis Huruf

Huruf dikalsifikasikan berdasarkan bentuk serta bunyi menjadi beberapa macam, yakni :

1. Jenis Huruf Berdasarkan Bentuk

– Huruf Fonemis

Ialah huruf yang melambangkan satu bunyi seperti pada huruf latin.

– Huruf Silabis

Ialah huruf yang melambangkan satu kata seperti pada huruf Jepang atau yang terdapat pada aksara Jawa.

– Huruf Idiograf atau Logograf

Ialah huruf yang melambangkan bunyi satu kata seperti pada huruf China.

– Huruf Piktograf

Ialah bunyi huruf yang dilambangkan dlam bentuk gambar atau dalam bentuk lukisan peristiwa seperti pada relief manusia prasejarah.

2. Jenis Huruf Berdasarkan Bunyi

– Huruf Fokal

Ialah bunyi yang tidak diikuti dengan hambatan pada alat bicara, hambatan hanya ada di pita suara, tidak pad aartikulator sehingga udara yang keluar dari paru – paru melewati pita suara dan tidak terdpat artikulator atau pada alat ucap yang menghambat seperti bibir, lidan atua gigi. Huruf yang termasuk huruf fokal ialah A, I, U E dan O

– Huruf Kosonan

Ialah bunyi yang dibentuk dengan menghambat arus udara yang keluar dari paru – paru. Hambatan bisa terjadi di sebagian alat bicara seperti hambatan pda dua bibir pada bunyi B, hambatan di ujung lidah dengan menyentuh belakang gigi dengan atas seperti bunyi T dan lain sebagainya.

– Huruf Semifokal

ialah bunyi huruf antara vokal dan konsonan, didalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, semifokal didefinisikan sebagai bunyi bahasa yang memiliki ciri vokal atau konsonan, bunyi ini memiliki sidikit geseran dan tidak muncul sebagai inti suku kata. Huruf yangtermasuk dalam bunyi semifokal ialah Y dan W.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Jenis Huruf Beserta Contohnya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>


Loading...