Pengertian, Bagian dan Macam Indeks Buku

Posted on

Pengertian, Bagian dan Macam Indeks Buku

Pengertian, Bagian dan Macam Indeks Buku – Untuk bisa membuat sebuah buku maka kita harus menyusun dengan rapi dan berurutan. DAlah satu hal yang harus ada dalam sebauh buku ialah indeks buku ini karena terkadang dlam buku terdapat istilah – istilah yang sudah tersusun bedasrkan ebjad, ketika akan mencari sebuah istilah maka kita akan dengan mudah untuk bisa menemukan dengan melihat dalam indeks buku.

JAdi bisa kita katakan fungsid ari indeks buku ialah untuk mencari berbagai istilah yang ada dalam sebuah buku. Untuk dapat membuat indeks buku mari kita pelajari dan bahas bersama dalam artikel kali ini.

Pengertian Indeks Buku

Indeks buku yakni sebuah istilah atau sebuah kata penting yang tersusun berdasarkan dari abjad yang memberikan informasi tentang nomor halaman tempat istilah atau kata itu ditemukan. Umumnya indeks buku ditaruh di halaman terahir dari sebuah buku, ini gunanya untuk mempercepat pencarian istilah yang terdapat dlam buku sehingga tidak perlu waktu banyak untuk bsia mencari dan menemukan sebuah istilah.

Bagian – Bagian Indeks Buku

Ada beberapa bagian yang terdapat dlam indeks buku yakni indeks bama, indeks topik, perincian indeks topik dan nomor halaman letak rincian topik itu berada. ABgian inilah yang membangun sebuah indeks buku. Dibawah ini bagian – bagian indeks buku, antara lain :

– Indeks Nama ” Pengarang “

Ini ialah susunan atau kumpulan dari nama – nama orang dlam sebuah indeks.

– Indeks Topik ” Subjek atau Istilah “

Yakni kumpulan subjek atau istilah yang disusun berdasarkan dari abjad di mana istilah itu berada dalam buku atau berhubungan dengan isi buku itu. Dalam sebuah buku gergrafi maka dalam indeks topik biasanya ialah istilah yang berhubungan dengan ilmu geografi.

– Perincian Indeks Topik

Yakni subjek atau istilah ada berhubungan dengan subjek yang terdapat dalam sebuah indeks topik.

– Nomor Halaman

Yakni bagian indeks buku yang bertuliskan nomor – nomor halaman diaman letak sebuah istilah yang menunjukan letak istilah itu.

Macam – Macam Indeks Buku

Indeks di bedakan menjadi dua yakni indeks subjek dan indeks pengarang, untu dapat lebih mengetahui mengenai dua jenis indeks tersebut mulai dari perbedaan dan pengertian mari kita bahas bersama tentang macam indeks buku ini.

– Indeks Subjek
Berisi daftar istilah – istilah yang terdapat dalam buku.

– Indeks Pengarang
Berisi daftar nama pengarang atau tokoh yang teori atau pendapatnya di kutip di dalam buku yang bersangkutan atau dalam buku tersebut.

Terdapat peraturan – peraturan dalam penulisan indeks pengarang, yakni :

  • Apa bila nama pengarang hanya terdiri dari satu kata maka nama pengarang ditulis dengan ada adanya, nama depan ditulis dengan menggunakan huruf kapital.
  • Apa bila nama pengarang terdiri dari dua kata maka nama kedua letaknya di depan nama pertama, diantara nama kdua dan pertama dibubuhi tanda koma.
  • Apa bila nama pengarang terdiri dari dua kata maka nama yang terahir diletakkan di depan nama pertama dan ke dua, setelah anam terahir itu maka diberi tanda koma.
  • Nama kedua dan ke tiga dalam penulisan boleh di dingkat dalah satu atau ke duanya.
  • Nama gelar lebih baik untuk tidak di cantumkan.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Bagian dan Macam Indeks Buku, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>


Loading...