Pengertian, Macam, Fungsi, dan Bagian Surat Edaran Beserta Contohnya

Pengertian, Macam, Fungsi, dan Bagian Surat Edaran Beserta Contohnya

Posted on

Pengertian, Macam, Fungsi, dan Bagian Surat Edaran Beserta Contohnya – Surat edaran, pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis surat yang satu ini terlebih saat kita masih sekolah, sering sekali pihak sekolah memberikan surat edaran untuk orang tua atau wali murid atau surat edaran tersebut ditujukan bagi guru dan pegawai sekolah. Kali ini kita akan membahas dengan lebih jelas tentang surat edaran.

Pengertian Surat Edaran

Surat edaran yakni surat yang isinya berhubungan dengan pemberitahuan secara resmi dalam suatu instansi, lembaga atau suatu organisasi. Dalam pengertian lain, surat edarab ualag suatu pemberitahuan resmi yang diedarkan secara tertulis dan di tujukan untuk banyak pihak.

Isi sirat ini berhubungan dengan suatu hal seperti kebijakan baru dari pimpinan instansi, berisi suatu peraturan yang sudah ditetapkan baik itu peratran yang berlaku, peraturan tambahan atau peraturan baru dan lain sebagainya. umumnya surat jenis ini ditujukan bagi kalangan umum namun dalam runag lingkup tertentu.

Jenis atau Macam – Macam Surat Edaran

Surat edaran terbagi dalam dua jenis, yakni surat edaran terbatas dan surat edaran tidak terbatas. Berikut ini penjelasan dari kedua jenis surat tersebut :

– Surat Edaran Terbatas
Surat edaran terbatas ialah surat yang umumnya ditujukan dari suatu organiasasi atau suatu instansi pada para anggitanya saja. Seperti surat edaran dari koperasi pada para anggotanya, surat dari ketua osis untukneggota dan surat edaran lainnya.

– Surat Edaran Tidak Terbatas
Surat edaran tidak terbatas ialag surat yang di tujukan pada masyarakat luas.

Fungsi Surat Edaran

Surat edaran salah satunya berfungsi sebagai media untuk bisa menyampaikan sebuah informasi atau sebuah pengumuman pada orang banyak yang sifatnya tidak rahasia.

Bagian – Bagian Surat Edaran

Beberapa bagian – bagian dari surat edaran antara lain ialah :

– Kepala Surat

Pada bagian kepala surat terdapat kop surat yang terdiri dari logo, nama dan alamat dari suatu organisasi, instansi atau lembaga. Kop surat ini umumnya digunakan untuk menunjukan atau menjadi pembeda antara surat formal dan non-formal.

Dan dibagian ini juga umumnya kaata “surat edaran” ditulis dengan menggunakan huruf kapital dan ditulis dengan garis bawah. kemudia di bagian kiri bawah ditulis nomor satu, sifat syrat seperti “penting”, perihal dan alamat yang dituju namun ada juga yang nomor suratnya di tulis pada bagian bawah dari kata “surat edaran”. Dan di bagian kanan ditulis tanggal, bula serta tahun kapan surat itu di buat. Biasanya dengan cara penulisan pada bagian ini suka berbeda – beda tergantung dengan siapa yang membuat surat.

Isi Surat

Bagian dari isi surat ialah pengumuman atau suatu informasi yang akan disampaikan pada umum dengan urutan pendahuluan, isi pokok dari surat dan penutup.

Kaki Surat

Di bagian akhir ini berisikan nama jabatan, tanda tangan dari si pengirim surat, nama lengkap pengirim surat, nip, stempel dari suatu instansi, organisasi atau lembaga, juga tembusan jika memang ada.

Contoh Surat Edaran

Untuk contoh dari surat edaran sudah ada dalam artikel sebelumnya, yakni dalam artikel dnegan judul Contoh dan Cara Membuat Surat Edaran. Anda bisa melihat contoh surat edaran dalam artikel tersebut.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Macam, Fungsi, dan Bagian Surat Edaran Beserta Contohnya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>


Loading...