Fungsi Dan Bentuk Komunikasi Beserta Penjelasannya Lengkap

Fungsi Dan Bentuk Komunikasi Beserta Penjelasannya Lengkap

Fungsi Dan Bentuk Komunikasi Beserta Penjelasannya Lengkap – Komunikasi merupakan proses dalam penyampaian pikiran atau pula perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang yang bermaksud bagi kedua belah pihak, dalam situasi tertentu komunikasi ini memakai suatu media tertentu agar dapat merubah sikap maupun tingkah laku seorang atau juga sejumlah orang sehingga terdapat efek tertentu yang diharapkan (Effendy, 2000 : 13).

Komunikasi merupakan proses pemindahan pengertian kedalam bentuk gagasan informasi dari seseorang ke orang lainnya (Handoko, 2002 : 30). Tidak ada satupun kelompok yang dapat eksis tanpa adanya komunikasi : pentransferan makna diantara anggotanya . Hanya dengan melalui pentransferan makna dari satu orang kepada orang lain, maka informasi serta juga gagasan itu bisa dihantarkan. Akan tetapi komunikasi itu lebih dari sekedar menanamkan makna namun harus dapat dipahami (Robbins, 2002 : 310).

Fungsi Dan Bentuk Komunikasi Beserta Penjelasannya Lengkap
Fungsi Dan Bentuk Komunikasi Beserta Penjelasannya Lengkap

Fungsi Komunikasi

  1. Kendali, merupakan komunikasi dalam bertindak agar dapat mengendalikan prilaku suatu anggota kedalam beberapa cara, pada tiap organisasi memiliki suatu wewenang serta juga garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh para angotanya.
  2. Motivasi, komunikasi ini membantu dalam perkembangan motivasi, yaitu dengan cara menjelaskan kepada para karyawannya, apa yang harus dilakukan dan bagaimana mereka dapat bekerja baik dan juga apa yang dapat dikerjakan agar dapat memperbaiki kinerja jika di bawah standar.
  3. Pengungkapan emosional, pada banyak karyawan didalam kelompok kerja, mereka merupakan sumber utama dalam interaksi sosial, komunikasi yang terjadi dalam kelompok tersebut merupakan suatu mekanisme fundamental yang mana anggota-anggota tersebut, menunjukkan kekecewaan serta juga rasa puas mereka, oleh sebab itu komunikasi itu menyiarkan suatu ungkapan emosional dari perasaan serta juga pemenuhan kebutuhan sosial.
  4. Informasi, komunikasi tersebut memberikan suatu informasi yang dibutuhkan bagi individu maupun bagi kelompok dalam mengambil keputusan, yaitu dengan meneruskan data mengenai dan juga menilai pilihan-pilihan alternatif (Robbins, 2002 : 310-311).
BACA JUGA :   10 Pengertian Email Menurut Para Ahli

Bentuk-bentuk Komunikasi

– Komunikasi vertikal
Komunikasi ini merupakan suatu komunikasi dari atas ke bawah dan juga dari bawah ke arah atas atau pula komunikasi dari pimpinan ke bawahan dan dari bawahan ke pimpinan dengan cara timbal balik. komunikasi ini terjadi secara formal

– Komunikasi horisontal
Komunikasi ini merupakan suatu komunikasi dengan secara mendatar, contoh komunikasi diantara karyawan dengan karyawan yang lainnya dan komunikasi ini sering sekali berlangsung tidak formal.

– Komunikasi diagonal
Komunikasi ini juga sering disebut dengan komunikasi silang, komunikasi ini merupakan seseorang dengan orang yang lain, dari satu dengan yang lainnya, juga berbeda dalam kedudukan serta juga bagian (Effendy, 2000 : 17).

Adapun Pendapat lainnya menyebutkan, komunikasi itu dapat mengalir secara vertikal maupun lateral (menyisi). Dimensi vertikal tersebut dapat dibagi menjadi ke bawah serta juga ke atas. yaitu antara lain sebagai berikut:

– Ke bawah :
Komunikasi yang mengarah dari satu tingkat dalam suatu kelompok atau juga organisasi ke suatu tingkat yang lebih ke bawah lagi. Fungsi dari pada komunikasi ini adalah memberikan suatu penetapan tujuan, memberikan suatu instruksi pekerjaan, menginformasikan suatu kebijakan serta jugaprosedur pada bawahan, menunjukkan suatu masalah yang memerlukan perhatian serta juga mengemukakan adanya umpan balik terhadap kinerja.

– Ke atas :
komunikasi ke atas ini mengalir ke suatu tingkat yang lebih tinggi didalam kelompok atau juga organisasi digunakan untuk dapat memberikan suatu umpan balik pada atasan, menginformasikan kepada mereka tentang kemajuan ke arah tujuan serta juga meneruskan masalah-masalah yang ada.

– Dimensi lateral :
komunikasi yang terjadi berada diantara kelompok kerja yang sama, berada diantara anggota kelompok kerja pada level (tingkat) yang sama, diantara manajer-manajer pada level(tingkat) yang sama (Robbins, 2002 : 314-315).

BACA JUGA :   Pengertian Dan Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer Lengkap

Sekian Fungsi serta pengertian tentang Komunikasi semoga dapat membantu, maaf jika ada kesalahan. Semoga berjumpa dalam kesempatan berikutnya.

You May Also Like

About the Author: admin