9 Pengertian Jaringan Internet Menurut Para Ahli

9 Pengertian Jaringan Internet Menurut Para Ahli

9 Pengertian Jaringan Internet Menurut Para Ahli – Internet atau Interconnection Network merupakan suatu konsep jaringan yang sangat luas & berlaku secara internasional. Yang artinya, setiap komputer yang ada di dunia mempunyai hak yang sama untuk saling terhubung dengan jaringan ini.

Dan agar lebih memahami arti dari Internet kami akan memberikan beberapa penjelasan lain tentang internet dari beberapa ahli dibidangnya. Silahkan disimak:

9 Pengertian Jaringan Internet Menurut Para Ahli

Pengertian Jaringan Internet Menurut Para Ahli

1. Oetomo (2002), ia menyebutkan bahwa internet itu merupakan singkatan dari international network, yang didefinisikan sebagai suatu jaringan komputer yang sangat besar, yang mana jaringan komputer ini terdiri dari beberapa jaringan – jaringan kecil yang saling terhubung satu dengan yang lain. Dan lebih lanjut dijelaskan pula, jaringan komputer yang sangat besar ini bisa mencakup jaringan seluruh dunia.

2. Randall & Latulipe, mereka mendefinisikan apa yang kita kenal dengan yang namanya internet sebagai suatu jaringan global yang terdapat dalam jaringan komputer. Jadi, internet itu tak ubahnya merupakan sebuah jaringan global yang terdiri dari beberapa jaringan kompute, yang dapat diakses dimana dan kapan saja.

3. Kayo, Mori, dan Takano (1996), memberikan pendapat bahwa internet itu merupakan jaringan yang memiliki tiga keistimewaan. Keistimewaan yang pertama terdapat dalam internet ialah kebebasan internet. Internet juga dapat memberikan penggunanya semacam kuasa untuk saling memberi & menerima informasi secara bebas.

Yang kedua, internet sendiri memiliki keistimewaan, yakni lebih dinamik serta dinilai sangat mengikuti perkembagan waktu. Dan kebanyakan informasi dalam internet yang biasa diakses ialah informasi – informasi yang paling baru apabila dibandingkan dengan informasi dalam media cetak.

BACA JUGA :   Pengertian Dan Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK)

Dan yang ketiga, internet tersebut merupakan sebuah jaringan yang bersifat interaktif. Hal ini dikarekan melalui internet, dan setiap penggunanya dimungkinkan untuk dapat berinteraksi dengan pengguna lain di dunia ini setiap saat

4. Supriyanto (2006), ia mengatakan bahwa Internet itu merupakan suatu hubungan antara berbagai jenis komputer & juga dengan jaringan di dunia yang memiliki sistem operasi & juga aplikasi yang berbeda maupun, yang mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan perangkat kompunikasi seperti telepon & satelit yang menggunakan protokol standar dalam melakukan hubungan komunikasi, yakni protokol TCP/IP atau Transmission Control/Internet Protocol

5. Harjono (2009), menyebutkan bahwa Internet itu dapat diartikan sebagai kumpulan dari beberapa komputer, bahkan dapat mencapai jutaan komputer di seluruh dunia yang dapat saling berhubungan serta saling terkoneksi satu dengan yang lainnya. Dan agar komputer dapat salin terkoneksi satu sama lain, maka dari itu diperlukan media untuk saling menghubungkan antar komputer. Dan media yang digunakan itu bisa menggunakan kabel/serat optic, satelit ataupun melalui sambungan telepon.

6. O’Brien (2003), menyebutkan bahwa Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang saat ini berkembang pesat dari berbagai macam kepentingan bisnis, pendidikan, sampai ke dalam jaringan pemerintahan yang dapat saling berhubungan satu denhgan yang lain, yang mana dengan jumlah penggunanya bisa berkembang melebihi dari 200 negara.

7. Ramdhani (2003), Dalam modul pembelajaran Internet, ia mengatakan bahwa internet itu merupakan sebuah sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang dapat menghubungkan berbagai situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, hingga perorangan.

Dan lebih lanjut lagi dijelaskan bahwa Internet itu mampu untuk menyediakan akses untuk layanan telekomununikasi & berbagai sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar didunia.

BACA JUGA :   Pengertian, Sejarah dan Fungsi PHP (Personal Home Page)

Internet itu sendiri memiliki berbagai macam layanan. Layanan internet pun meliputi komunikasi secara langsung seperti email & juga chatting, diskusi seperti Usenet News, email, & juga milis, serta sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Gopher), remote login & lalu lintas file (Telnet, FTP), & aneka layanan lainnya.

8. Tim Penelitian dan Pengembangan Wahana Komputer (2005), mendefinisikan bahwa Internet itu merupakan sebuah metode untuk bisa menghubungkan berbagai macam komputer ke dalam satu jaringan global, yang luas. Dan setiap komputer dapat saling terhubung dengan jaringna global yang luas melalui sebuah protokol yang disebut dengan Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP/IP).

9. Allan (2005), menjelaskan bahwa internet itu merupakan sekumpulan dari jaringan komputer yang saling terhubung satu dengan yang lain secara fisik & juga memiliki kemampuan untuk membaca & menguraikan berbagai protokol komunikasi tertentu yang sering juga kita kenal dengan istilah Internet Protocol (IP) serta Transmission Control Protocol (TCP). Protokol ini sendiri, lebih lanjut didefinisikan oleh Alan sebagai sebuah spesifikasi sederhana mengenai bagaimana dua ataupun lebih komputer dapat saling bertukar informasi.

Itulah sekilas tentang pengertian jaringan internet menurut para ahli, semoga bermanfaat, sampai jumpa dan terima kasih.

You May Also Like

About the Author: admin