10 Jenis Jasa, 4 Karakteristik Jasa dan 16 Contoh Perusahaan Jasa

Posted on

10 Jenis Jasa, 4 Karakteristik Jasa dan 16 Contoh Perusahaan Jasa – Pada kesempatan kali ini seputar pendidikan akan mengulas tentang Jenis Jenis Jasa Dan Karakteristik Jasa Lengkap, silahkan disimak!!!

A. Jenis-Jenis Jasa

Secara garis besar jenis jasa dapat kita diklasifikasikan menjadi beberapa macam, yaitu sebagai berikut:

1. Usaha Rumah Tangga, jenis jasa ini sendiri mencakup banyak hal yang ada pada rumah tangga. sebagai contoh, perawatan kebun, perbaikan rumah, air minum, reparasi alat-alat rumah tangga, pembersihan rumah dan lain sebagainya.

2. Perumahan, jenis jasa ini sendiri melingkupi penyewaan sebuah kamar hotel atau penginapan, apartemen dan lain sebagainya.

Jasa
Jasa

3. Hiburan atau Rekreasi, jenis jasa ini sendiri antara lain, yaitu penyewaan alat-alat yang berkaitan dengan hiburan, atau penyewaan tempat untuk melakukan kegiatan hiburan.

4. Perawatan Pribadi, contoh jasa dari jenis ini ialah perawatan kecantikan, pijit, salon dan lain sebagainya.

5. Kesehatan, jenis jasa ini sendiri termasuk jasa yang penting, contohnya ialah perawatan dirumah sakit, bidan dan lain sebagainya.

6. Bisnis, meliputi jasa akuntan, konsultan dan lain sebagainya.

7. Komunikasi, misalnya warnet, wartel pengiriman fax dan lain sebagainya.

8. Transportasi, jenis jasa ini sendiri masih amat sangat digunakan sampai hingga saat ini, sebagai contohnya taxi, angkutan umum, bus umum, travel dan lainnya.

9. Jasa Keuangan, misalnya leasing, pajak, pinjaman dan lainnya.

10. Pendidikan, contoh dari jasa jenis ini diantaranya guru privat, guru les, guru ngaji dan lainnya.

B. Karakterisitik Jasa

Jasa sendiri mempunyai kurang lebih 4 (empat) buah karakteristik yang sangat berpengaruh pada rangcangan program pemasaran, yaitu sebagai berikut:

1. Intangibility (Tak Berwujud), jasa merupakan sesuatu yang tak bisa dilihat, diraba, dicium, didengar sebelum ada kesepakatan dari kedua belah pihak dari sebuah transaksi pembelian.

2. Inspirability (Tidak Dapat Dipisahkan), merupakan jasa tidak bisa dipisahkan dari sumbernya, apakah sumber tersebut merupakan mesin atau orang, hadir atau tidak.

3. Variability (Berubah-ubah), jasa merupakan sesuatu yang sifatnya tidak tetap, artinya jasa tersebut bergantung pada siapa yang menyajikannya.

4. Perishability (Mudah Lenyap), daya tahan suatu jasa tidak akan menjadi masalah jika permintaan selalu ada, dan sebaliknya jika permintaan menurun maka akan menjadi sebuah masalah bagi penyedia layanan jasa tersebut.

C. Contoh Perusahaan Jasa

Berikut ini adalah contoh nama-nama perusahaan jasa yang di sekitar kita:

  1. Summarecon agung Tbk
  2. Bukit Darmo Property Tbk
  3. Ciputra Development Tbk
  4. Perusahaan Gas negara (persero) Tbk
  5. Indosat Tk
  6. Bank danamon Tbk
  7. Lippo Karawaci Tbk
  8. Alam Sutera Reality Tbk
  9. Siloam International Hospital
  10. Bank Mandiri (Persero) Tbk
  11. Panin Insurance Tbk
  12. Agung Podomoro LAnd Tbk
  13. Bakrieland Development Tbk
  14. Indika Energy Tbk
  15. Jasa Marga (Persero) Tbk
  16. Telekomunikasi (Persero) Tbk

Itulah sekilas ulasan tentang Jenis Jenis Jasa, Karakteristik Jasa dan Nama-nama perusahaan jasa, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Related posts: