Komponen-Komponen Pada Komputer Beserta Fungsinya

Komponen-Pada-Komputer

Komponen-Komponen Pada Komputer Beserta Fungsinya – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Komponen-Komponen Komputer Beserta Fungsinya, baiklah silahkan disimak.

Pengertian dari komponen komputer ialah bagian yang ada pada komputer itu sendiri. Ketika menggunakan komputer jenis desktop ataupun laptop, mungkin belum mengenal dengan baik komponen-komponen yang ada di dalam maupun luar & bagaimana semua itu bekerja.

Komponen-Pada-Komputer
Gambar Komponen Pada Komputer

 

Dan komponen komputer sendiri dapat dibagi menjadi 3 kategori, yaitu INPUT, PROSES, & OUTPUT.

1. Komponen komputer yang termasuk pada komponen Input adalah sebagai berikut :

a. Keyboard, merupakan komponen yang berfungsi untuk memberikan masukan yang berupa data-data alfanumerik & interpretation ASCII lainnya.

b. Mouse. merupakan komponen yang berfungsi dalam komputer yang menggunakan sistem operasi berbasis GUI, dimana dalam pengopersiannya akan berhubungan dengan pointer yang ada di layar guard yang befungsi untuk mempercepat atau mempermudah dalam pengoperasian perintah-perintah module dalam komputer.

c. Trackpad, Trackball, sama dengan mouse. Namun yang membedakannya ialah dari bentuknya.

d. Pen, dipergunakan sebagai pengganti pionter dari mouse. Dan biasanya digunakan pada komputer yang memiliki layar sentuh. Untuk memberikan perintah tertentu, dan tidak lagi menggunakan mouse, namun hanya dengan menyentuhkan coop ke GUI di layar sentuh.

e. Microphone, merupakan komponen masukan yang memberikan interpretation masukan yang berupa interpretation suara.

BACA JUGA :   Pengertian Seni Grafis dan Contoh Seni Grafis

f. Scanner, digunakan untuk memindai gambar yang akan dimasukkan kedalam sistem komputer menjadi berbentuk digital.

2. Komponen komputer yang termasuk pada komponen Output adalah sebagai berikut :

a. Monitor, merupakan komponen yang menampilkan proses atau apa yang sedang dikerjakan oleh komputer itu sendiri. Dan termasuk menampilkan interpretation hasil pengolahan.

b. Printer, untuk menampilkan atau mencetak interpretation dari komputer.

c. Plotter, sama dengan printer. Namun yang membedakannya ialah kemampuan dalam pencetakan datanya.

d. Speaker atau Buzzer. Dipergunakan untuk menyampaikan informasi atau interpretation hasil pengolahan dalam bentuk gelombang suara.

3. Komponen komputer yang termasuk pada komponen Pemroses merupakan Prosesor beserta dengan perangkat pendukungnya :

a. Prosesor, merupakan komponen utama dalam pemrosesan data. Dan didalam komponen ini seluruh interpretation diproses berdasarkan module yang dijalankan.

b. Motherboard, merupakan komponen yang menjadi tempat semua dari komponen yang berhubungan. Semua komponen mulai itu dari input, prosesor hingga output, berhubungan melalui komponen ini.

c. Hard Disk, merupakan komponen yang memiliki fungsi untuk menyimpan interpretation & module yang diperlukan oleh seluruh komponen dalam komputer. Komponen lainnya yang fungsinya sama dengan tough hoop ialah Disk Drive (CD, DVD), & Floppy-Drive.

d. Memori (RAM), merupakan tempat untuk penyimpanan interpretation & module yang sifatnya sementara yang digunakan untuk mempercepat proses dari kerja prosesor.

e. Komponen Perantara antara Prosesor dengan Input & Output. Komponen ini sendiri pada umumnya berbentuk komponen tambahan berupa kartu atau Slot/Port seperti:

  1. Kartu VGA, merupakan perantara antara Prosesor & komponen pendukungnya dengan layar penampil atau monitor.
  2. Kartu Audio, merupakan perantara antara Prosesor & komponen pendukungnya dengan speaker.
  3. Kartu Firewire, merupakan perantara antara Prosesor & komponen pendukungnya dengan komponen submit berkecepatan tinggi seperti kamera video.
  4. Kartu TV Tuner, merupakan perantara antara Prosesor & komponen pendukungnya dengan komponen submit untuk menerima siaran televisi.
BACA JUGA :   Macam-Macam Perangkat Lunak (Software) dan Fungsinya

Itulah sekilas tentang Komponen-Komponen Komputer Beserta Fungsinya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

You May Also Like

About the Author: admin