Pengertian LAN (Local Area Network) Pada Komputer

Pengertian LAN (Local Area Network) Pada Komputer

Pengertian LAN (Local Area Network) Pada Komputer – Pengertian LAN yang merupakan singkatan dari Local Area Network merupakan suatu perangkat jaringan yang mengkoneksikan atau menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya dengan media kabel dan router sebagai penyambungnya. Dapat digambarkan, PC atau Komputer A dapat disambungkan dengan PC B dengang menggunakan media kabel LAN, akan tetapi apabila anda ingin menghubungkan PC A dengan PC B, C dan D maka anda harus memerlukan sebuah router atau alat penghubung.

Pengertian LAN (Local Area Network) Pada Komputer

Pengertian Jaringan LAN merupakan sebuah media transmisi bersama dan rangkaian hardwarre dan software agar menginterfacekan perangkat menjadi media serta menngatur akses menuju media tsb dengan tepat. Adapun topologi yang digunakan pada LAN ialah berupa cincin, bus, pohon dan bintang. Topologi bus dan pohon adalah bagian kabel yang pasif tempat perangkat terhubung. Pentransmisian sebuah frame dari suatu stasiun bisa di dengar juga dari atau oleh stasiun yang lain. Cincin LAN sendiri terdiri atas sebuah loop yang tertutup serta perulangan yang memungkinkan data beredar di seputar cincin. Repeater memiliki fungsi sebagai titik penghubung perangkat. Transmisi pada umumnya berbentuk frame, dan sedangkan yang berupa bintang mencakup sebuah simpul pusat tempat stasiun terhubung.

Jaringan LAN sendiri merupakan jaringan milik pribadi yang biasanya dipergunakan dalam sebuah gedung ataupun kampus yang berukuran sampai beberapa KM (Kilo Meter). Jaringan LAN sendiri dapat dibedakan dari jenis jaringan lainnya yang berdasarkan tiga karakteristik :

  1. Ukuran,
  2. Teknologi Transmisi
  3. Topologinya

Jaringan LAN mempunyai ukuran yang terbatas, yang dalam artian bahwa waktu transmisi pada keadaan terburuknya terbatas dan dapat diketahui sebelumnya. Dengan cara mengetahui keterbatasannya mengakibatkan adanya kemungkinan untuk menggunakan jenis desain tertentu. Hal ini juga dapat memudahkan manajemen jaringan.

BACA JUGA :   Pengertian Open Source dan Close Source dan Contohnya

Sama halnya saluran pelanggan telepon yang dipakai pada daerah pedesaan, jaringan LAN sendiri sering memakai teknologi transmisi kabel tunggal. Jaringan LAN tradisional ini beroperasi pada kecepatan mulai 10 sampai 100 Mbps dengan delay rendah (puluhan mikrosekon) serta memiliki faktor kesalahan yang kecil. sedangkan Jaringan LAN modern dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi, sampai ratusan megabit per detik.

Itulah pembahasan seputar Pengertian LAN pada komputer, semoga bermanfaat bagi pembaca.

You May Also Like

About the Author: admin