Teknik Dasar Lempar Lembing Beserta Gambarnya

Teknik Dasar Lempar Lembing Beserta Gambarnya

Teknik Dasar Lempar Lembing Beserta Gambarnya – Sahabat Pendidikan kembali lagi bersama kami, dan akan membahas tentang Olahraga Atletik Lempar Lembing, dan pembahasan
kali ini yaitu tentang Teknik dasar Lempar Lembing.

Pengertian Lempar Lembing

Lempar lembing sendiri merupakan salah satu cabang dari olahraga atletik nomor lempar. Dan Lembing yang dimaksudkan yakni alat yang digunakan dalam olahraga ini. Adapun alat ini berbentuk seperti tombak dengan sudut tajam di salah satu ujungnya. Yang pada dasarnya lempar lembing yaitu berarti melempar lembing dari tangan dengan sekuat tenaga untuk memperoleh jarak lemparan yang sejauh mungkin.

Teknik Dasar Lempar Lembing

Dalam lempar lembing juga terdapat beberapa teknik dasar yang harus diketahui sebelumnya. Adapun teknik dasar tersebut yakni meliputi cara memegang, membawa, dan melempar lembing.

a. Memegang Lembing

Adapun cara dalam memegang lembing yang biasa dilakukan para pelempar, yakni dengan cara Amerika dan cara Finlandia.

Cara Amerika

Teknik Dasar Lempar Lembing Beserta Gambarnya

Yaitu Cara dalam memegang lembing pada bagian belakang lilitan lembing dengan jari telunjuk melingkar di belakang lilitan dan ibu jari menekannya di bagian permukaan yang lain. Sementara itu, jari-jari lain turut melingkar di badan lembing dengan longgar.

Cara Finlandia

Teknik Dasar Lempar Lembing Beserta Gambarnya

Yaitu Cara dalam memegang lembing pada bagian belakang lilitan lembing dengan jari tengah dan ibu jari, sementara telunjuk berada sepanjang batang lembing dan agak serong ke arah yang wajar. Dan jari-jari yang lainnya turut melingkar di badan lembing dengan longgar.

b. Membawa Lembing

Ada 3 (tiga) cara dalam membawa lembing yang biasa digunakan seorang pelempar pada saat melakukan awalan, yang di antaranya sebagai berikut :

BACA JUGA :   Hiking adalah Olahraga

Teknik Dasar Lempar Lembing Beserta Gambarnya

  • Lembing dibawa di atas bahu dengan mata lembing menghadap serong ke atas.
  • Lembing dibawa di belakang badan sepanjang alur lengan dengan mata lembing menghadap ke arah depan serong ke atas.
  • Lembing dibawa di atas bahu dengan mata lembing menghadap serong ke arah bawah.

c. Melempar Lembing

Adapun melempar lembing terbagi menjadi beberapa tahap yakni awalan, lemparan, dan akhiran. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan berikut :

Awalan

Awalan yaitu berlari sambil membawa lembing di atas kepala dengan lengan ditekuk, sikut menghadap ke depan dan telapak tangan menghadap atas. Posisi lembing berada sejajar di atas garis paralel dengan tanah. Bagian terakhir dari awalan terdiri dari langkah silang (cross step). Pada bagian akhir bisa dilakukan langkah dengan beberapa cara berikut ini :

  • Dengan jingkat atau hop step
  • Dengan langkah silang di depan atau cross step
  • Dengan langkah silang di belakang atau rear cross step

Adapun proses peralihan (cross step) ini dilakukan saat kaki diturunkan. Kedua bahu diputar dengan perlahan ke arah kanan (bukan kidal), lengan kanan mulai bergerak dan diluruskan ke arah belakang dengan tubuh bagian atas condong ke belakang. Pandangan selalu melihat lurus ke depan

Lemparan

Dan pada gerak melemparkan lembing, tarik bahu sebelah kanan dan lengan melakukan gerakan melempar melalui poros bahu dengan kuat ke depan-atas. Badan bergerak melewati kaki depan, lalu melepaskan lembing.

Akhiran

Dan pada gerak akhir lemparan dilakukan dengan melangkahkan kaki ke depan untuk menyeimbangkan gerak supaya tidak terjatuh dan tidak melebihi garis batas dari lemparan.

Itulah sekilas penjelasan tentang Teknik Dasar Lempar Lembing Beserta Gambarnya, terima kasih telah berkunjung dan menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca ini bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel bermanfaat lainnya.

BACA JUGA :   Bentuk dan Ukuran Lapangan Bola Voli

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka