Fungsi Otak Kecil (Cerebellum)

Fungsi Otak Kecil (Cerebellum)

Fungsi Otak Kecil (Cerebellum) – Setelah sebelumnya kita membahas tentang Pons Otak dan Otak Belakang, kesempatan kali ini kita akan masuk pembahasan tentang Otak Kecil atau Cerebellum. Apa itu Otak Kecil dan Apa Fungsinya. Untuk jawaban dari pertanyaan tersebut, silahkan simak ulasannya berikut ini :

Pengertian Otak Kecil (Cerebellum)

Fungsi Otak Kecil (Cerebellum)

Otak kecil (Cerebellum) ialah bagian dari sistem saraf pusat yang berada diatas batang otak (Pons Otak). Fungsi utama Otak kecil ialah untuk mengontrol gerak dan keseimbangan tubuh serta berfungsi dalam membantu belajar dan mengingat. Bentuk dari otak kecil seperti otak besar, mengkerut pada bagian tengah, dan beratnya sekitar 1/8 dari berat otak secara keseluruhan, untuk ukurannya hampir sekepalan tangan.

Fungsi Otak Kecil (Cerebellum)

Dari penjelasan definis Otak Kecil diatas, fungsi utama dari Otak kecil ialah sebagai pengendali gerak dan keseimbangan tubuh. Dan berikut ini beberapa fungsi otak kecil :

  1. Sebagai pengendali gerak dan keseimbangan tubuh
  2. membantu belajar dan mengingat kemampuan motorik
  3. Selain mempunyai peran yang sangat penting dalam mengatur sistem motorik, otak kecil juga terlibat dalam beberapa fungsi kognitif lain, seperti bahasa, emosi, dan perhatian seseorang.

Struktur dan Bagian–Bagian Otak Kecil

Cara kerja otak kecil jauh lebih cepat dari bagian otak lainnya, hal itu dikarenakan otak kecil tersusun lebih dari 40 juta saraf. Otak kecil sendiri tersusun dari 2 hemisfer yang membaginya menjadi 2 bagian, yaitu kiri dan kanan. Sama halnya seperti banyaknya struktur yang menjadi bagian dari sistem saraf pusat, otak kecil disusun oleh dua jaringan, yaitu :

BACA JUGA :   Pengertian, Manfaat, Contoh dan Kesimpulan dari Budidaya

Grey Matter atau Materi Abu – Abu,

Grey Matter merupakan komponen utama dalam sistem saraf pusat, komponen ini mengandung bagian badan sel saraf, sel glia dan pembuluh kapiler. Grey Matter berfungsi sebagai pusat penganalisa informasi.

White Matter atau Materi Putih

White Matter yakni komponen sistem saraf pusat yang terdiri dai akson bermielin. Dan fungsi utama dari matei ini yaitu untuk menghubungkan pusat-pusat informasi yang didapatkan oleh otak.

Sama seperti bagian dari sistem syaraf, bagian luar dari otak kecil juga disebut kotek dan bgian dalamnya disebut medulla. Bagian korteks ada tga lapisan:

Lapisan molekular

Molekular merupakan lapisan terluar yang didalamnya terdapat sel saraf kecil, sel saraf tak bermielin, dan sel glia.

Lapisan purkinje atau ganglioner

Lapisan purkinje atau ganglioner tersusun dari banyak sel purkinje besar, dan bentuknya seperti botol. Bentuk dendrit sel ini bercabang & memasuki lapisan molekular.

Lapisan Granular

Granular ialah lapisan terdalam yang terdiri dari sel-sel kecil dengan 3 hingga 6 dendrit.

Otak kecil dikelompokkan menjadi tiga bagian:

1. Berdasarkan Lobusnya Secara Anatomi

Terdapat 3 (tiga) lobus pada otak kecil, yaitu :

  1. Lobus Anterior
  2. Lobus Posterior dan
  3. Lobus Flocculonodular

Ketiga lobus tersebut dipisahkan oleh 2 (dua) fisura, yaitu Primary Fissure dan Posterolateral Fissure.

2. Berdasarkan Zona nya

Berdasarkan zonanya, Otak kecil dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu :

Vermis, membagi otak kecil menjadi 2 (dua) hemisfer, kiri dan kanan.

  1. Zona Intermediate
  2. Lateral Hemisfer

Antara zona intermediate dan lateral hemisfer tidak terdapat perbedaan secara strukturnya.

3. Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan fungsinya, otak kecil dibagi menjadi 3 (tiga) bagian, yaitu :

Cerebrocerebellum

Cerebrocerebellum ialah bagian yang paling besar dari otak kecil.Cerebrocerebellum memiliki fungsi utama yakni mengatur gerakan motorik dan evaluasi pada infomasi sensoris supaya bisa melakukan gerakan yang tepat. Dan menerima input informasi dari korteks serebral otak besar.

BACA JUGA :   Fungsi Otak Besar (Cerebrum)

Spinocerebellum

spinocerebellum ialah bagian otak kecil yang memiliki fungsi dalam mengatur pergerakan tubuh melalui sistem propriosepsi, yaitu sensasi yang didapatkan tubuh melalui stimulasi & aktivitas otot tertentu. Propriosepsi ini dipantau oleh proprioreseptor yang berada di ujung saraf, otot, tendon, dan sendi. Informasi yang diterima berasal dari sumsum tulang belakang, nervus trigeminal dan pendengaran atau sistem auditory.

Vestibulocerebellum

Ini merupakan bagian yang berfungsi dalam mengatur keseimbangan tubuh serta gerakan bola mata. Untuk mengatur keseimbangan tubuh, vestibulocerebellum akan menerima input sistem vestibular dari semicircular kanal ditelinga. vestibulocerebellum akan meneima informasi dari korteks visual untuk mengatur pergerakan bola mata.

sekian penjelasan dari kami tentang Fungsi Otak Kecil (Cerebellum), terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka