Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Dan Jenis Power Supply Komputer Terlengkap

Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Dan Jenis Power Supply Komputer Terlengkap

Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Dan Jenis Power Supply Komputer Terlengkap – Sahabat Pendidikan kembali lagi bersama kami, dan akan membahas tentang Power Supply Komputer, dan pembahasan kali ini mencakup Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Dan Jenis dari Power Supply Komputer.

Pengertian Power Supply Komputer (PSU)

Power Supply ialah sebuah perangkat keras (hardware) yang memiliki fungsi dalam mengsuplay daya atau tegangan listrik langsung ke komponen yang ada didalam casing komputer. Power supply juga menyuplai ke Motherboard, Hardisk, Heatsing, DVD Drive dan perangkat lain yang ada didalam casing komputer.

Power supply pada saat ini sudah banyak yang memproduksinya. Dan berbagai merk dengan kualitas yang berbeda-beda juga, dan merupakan suatu pilihan kepada konsumen agar memilih power supply yang jauh berkualitas dan tentunya memiliki atau bergaransi. Beberapa power supply umumnya sengaja dibuat untuk komputer yang berspesifikasi tinggi, agar user atau penggunanya aman dari tegangan yang rendah, seperti pada komputer sepesifikasi untuk game. Maka power supplynya sudah menggunakan power supply dengan jumlah output Watt yang jauh lebih dari 450Watt, dan minimal yang dipakai adalah 600W.

Fungsi Power Supply

Adapun fungsi dari power supply ialah mengubah arus dari AC menjadi DC. Jadi mengalirkan arus dari listrik ke Perangkat keras (hardware) komputer dengan operasi arus DC berupa input arus bolak-balik.

Cara Kerja Power Supply

Dan cara kerja dari power suplly ialah pada saat menekan tombol power pada komputer, maka power supply tersebut akan melakukan cek dan tes sebelum membiarkan sistem memulai atau start. Dan jika tes telah berhasil, power supply akan mengirim sinyal khusus kepada mainboard/motherboard, yang disebut dengan power good.

BACA JUGA :   Pengertian, Sejarah dan Fungsi PHP (Personal Home Page)

Jenis-Jenis Power Supply

Adapun jenis dari power supply komputer sekarang terbagi menjadi 2 (dua) jenis. Yakni power supply AT dan power supply ATX.

1. Power Supply AT

Power supply AT sendiri ialah jenis power supply yang bisa juga dibilang sudah lama sekali. Dimasa jayanya, power supply jenis ini sangat sering dipakai oleh komputer ber Pentium II dan Pentium III. Dan walaupun saat ini sudah jarang ditemui, namun power supply jenis sesungguhnya memiliki kelebihan.

Power Supply jenis ini memiliki kabel power yang tersambung ke motherboard yang terbagi menjadi 2 (dua), yaitu konektor P8 & P9. Dan resiko salah pasang dengan menggunakan power supply AT ini sangatlah sedikit, karena mengingat untuk memasangnya membutuhkan ketelitian yang tinggi. Dan kesalahan yang biasa terjadi ialah terbalik mengingat terdapat 2 (dua) konektor penghubung. Dan untuk pemasangan yang benar haruslah memperhatikan kabel power warna hitam pada masing-masing konektor. Pasangkanlah dengan tepat pada tengah-tengah sambungan untuk menghindari konsleting. Dan untuk mematikan power supply AT, haruslah menetak tombol power secara langsung karena pada jenis ini terhubung secara langsung dengan chasing komputer.

2. Power Supply ATX

Pada Power supply jenis ini memiliki tampilan yang simpel dari pada power supply sebelumnya. Dan untuk jenis ini kabel konektor dan motherboard sudah menjadi satu dengan jumlah total 20 (dua Puluh) PIN. Dan oleh sebab itu, power supply ini juga disebut dengan Power Supply ATX 20 PIN.

Adapun untuk memasangnya sangatlah mudah dilakukan. Hal yang perlu dilakukan pada saat memasangnya ialah pastikan memasangnya dengan benar karena jika salah dapat mengakibatkan kerusakan pada port ataupun konektor.

Kelebihan power supply ATX daripada AT ialah pada tombol powernya. Apabila memakai power supply ATX 20 PIN sudah dilengkapi dengan auto shutdown yang fungsinya untuk mematikan power supply pada saat komputer dimatikan. Sehingga tidak perlu untuk menekan tombol power seperti pada power supply AT. Dari jenis-jenis power supply yang telah disebutkan sebelumnya, maka power supply ATX saat ini lebih banyak dipakai dan digunakan disetiap komputer.

BACA JUGA :   Pengertian, Fungsi, Dan Tujuan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Beserta Contohnya

Jenis-Jenis Konektor Power Supply

Dalam power supply ada konektor yang memiliki fungsi untuk menghubungkan tegangan dari power supply ke motherboard dan perangkat lain. Dan berikut merupakan jenis-jenis dari konektor pada power supply

  • Konektor 20/24 PIN ATX Motherboard
  • Konektor 4 pin peripheral power (untuk perangkat seperti DVD Room, hardisk, kipas)
  • Konektor 4/8 pin 12V (untuk motherboard server)
  • Konektor 6 pin PCIe (untuk kartu VGA/kartu grafis PCIe)
  • Konektor Floppy (untuk floppy disk drive)
  • Konektor SATA (untuk hardisk/optical drive yang berjenis SATA

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Dan Jenis Power Supply Komputer Terlengkap, terima kasih telah berkunjung dan menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca ini bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel bermanfaat lainnya.

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka