Jelaskan Apa Pengertian prakarya

Jelaskan Apa Pengertian prakarya- Dari masa kemasa ilmu pendidikan semakin berkembang pesat, perkembangan ini sangat banyak terjadi hampir diseluruh dunia.

Terdapat banyak sekali penelitian yang pada akhirnya banyak merubah pola pikir serta kebiasaan masyarakat berubah secara meningkat.

Salah satu ilmu yang sedang di pelajari saat ini salah satunya adalah ilmu prkarya. Didunia pendidikan prakarya mulai dikenalkan kepada para pelajar mulai dari tingkat SMP, SMA dan ke jengjang perkuliahan.

Pengertian prakarya

Prakarya adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaiman kita menkonsepkan sesuatu hal yang nantinya akan kita buat atau disebut planing. Prakarya merupakan salah satu ilmu yang sangat bermanfaat karena menghasilkan sesuatu hal yang baru.

Jelaskan Apa Pengertian prakarya- Jadi dapat didefinisikan prakarya merupakan sebagai kerja yang belum jadi, prakarya masih berupa proof of concept atau sebuah prototipe.

Prakarya belum mempunyai target pemasaran, oleh sebab itu belum ada penggunanya atau konsumennya. Prakarya memiliki pengertian Ketrampilan, hastakarya, kerajinan tangan, atau keterampilan tangan.

Banyak sekali ilmu yang dapat dipelajari dalam prakarya, mulai dari alam hingga tekhnologi. Seperti tekhnologi ilmu terbaharukan termasuk ilmu prakarya yang mempelajari tentang sesuatu energi yang bisa diperbaharui, sehingga dapat dipergunakan secara berkelanjutan oleh kehidupan manusia.

Contoh energi terbaharukan antara lain yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

PLTA merupakan salah satu energi terbaharukan yang dapat dipergunakan secara berkelanjutan yang tidak akan habis. Biasanya penggunaan PLTA sekala besar menggunakan bendungan dengan keadaan air yang cukup deras.

baca juga : Sebutkan dan jelaskan apa saja tujuan seni lukis

Prakarya yang mempelajari alam salah satunya yaitu tentang bagaimana memanfaatkan tanaman hias. Pemanfaatan tanaman hiasan sangat baik dipelajari agar alam dapat terjaga dengan baik dan seimabang dengan keadaan polusi yang terjadi disekitar.

BACA JUGA :   Definisi Kewirausahaan Beserta Manfaat dan Ciri Kewirausahaan

Maka dari itu ilmu prakarya atau mata pelajaran prakarya sangat benar-benar harus dipelajari mulai dari tingkat SMP bahkan hingga keperguruan tinggi.

contoh prakarya dibidang kewirausahaan dan kerajinan

Kewirausahaan

Kewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha. Wira yang berarti sendiri, berani, utama, mulia sedangkan Usaha yang berarti kegiatan.

Jadi wirausaha dapat di definisikan yaitu sebagai kegiatan seseorang yang mempunyai keberanian untuk melakukan kegiatan dengan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan menguntungkan bagi dirinya serta bagi orang lain.

Kegiatan wirausaha banyak sekali dilakukan dimasa-masa sekarang dengan tujuan kebutuhan tertentu sehingga banyak orang orang melakukan wirausaha untuk berpenghasilan.

Kerajinan

Kerajinan merupakan sebuah proses dimana berkaitan dengan sesuatu hal yang dibuat dengan tangan sehingga menghasilkan nilai lebih. Kegiatan ini akan menghasilakn seni serta nilai estetik oleh para pembuatnya.

banyak sekali yang dapat dibuat, bentuk kerajinan yang dibuat terdapat dari bahan alam dan bahan buatan. Contoh kerajinan dari alam diantaranya pembuatan anyaman yang berasal dari bahan baku utamanya yaitu bambu.

salah satu kerajinan dari bahan bambu

Sedangkan kerajinan yang bersal dari buatan yaitub pembuatan gipsun, plastik, lilin dll

lilin kerajinan buatan

You May Also Like

About the Author: ubay