Sebutkan dan jelaskan apa saja tujuan seni lukis

Sebutkan dan jelaskan apa saja tujuan seni lukis– Seni lukis merupakan sebuah pengembangan yang dilakukan seseorang dengan mengaplikasikannya. Banyak sekali pengaplikasian seni lukis.

Seni lukis adalah seni yang sangat populer dan banyak di gandrumi banyak orang. Seni ini salah satu bentuk kesenian 2 dimensi, isinya merupakan sebuah isi jiwa, ekspresi dan emosi bagi para pembuatnya. Serta memiliki fungsi lain diantaranya sebagia fungsi religius, simbolis dan estetis.

Sejak dulu seni ini sudah lama berkembang dan tumbuh pesat, dengan karya seni lukis terkenal seperti lukisan yang dibuat oleh leonardo davinchi yaitu lukisan monalisa, memang lukisan monalisa terlihat biasa saja namun didalamnya terdapat nilai estetis yang sangat mendalam.

pengertian seni lukis

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian seni adalah karya yang diciptakan dengan keahlian yang luar biasa, seperti tari, lukisan, ukiran. Sedangkan arti lukis adalah membuat gambar dengan menggunakan pensil, pulpen, kuas, dan sebagainya, baik dengan warna maupun tidak.

Maka pengertian seni lukis menurut KBBI merupakan sebuah karya berupa gambar yang diciptakan pada media pensil, pulpen, kuas, dan sebagainya, serta membutuhkan keahlian yang luar biasa.

Sebutkan dan jelaskan apa saja tujuan seni lukis

tujuan berkarya seni lukis

Tentu saja ketika kita menciptakan sesuatu pasti mempunyai tujuan tertentu, sama halnya dengan seni karya lukis terdapat beberapa tujuan tertentu.

Secara umum tujuan seni lukis dapat dibedakan menjadi 6 jenis, diantaranya yaitu sebagai religius, estetis, simbolis, komersial, magis dan ekspresi.

Religius

Bagi para pelukis nilai religius menggambarkan bahwa para pelukis bertujuan menciptakan lukisan untuk sebuah pengabdian terhadap tuhan yang maha esa atas berkhat rahmat dan karunianya. Serta persembahan untuk nenek moyang dan para dewa.

BACA JUGA :   8 Alat Musik Tradisional Dari Nusa Tenggara Barat (Sumbawa)

Estetis

Tujuan pelukis membuat lukisan yaitu sebagai keindahan dan untuk dilihat semua orang, nilai estetisnya terdapat makna tersendiri dengan pengaplikasianya pada lukisan.

Simbolis

Para pelukis menggambarkan lukisannya denga sebuah rasa mengutamakan simbolis atau lambang tertentu dengan tujuan tertentu pula. sehingga menghasilakn karya yang yang cukup luar baisa

Komersial

Untuk komersial sendiri para pelukis menggambarkan lukisannya sesuai dengan keinginan orang lain, jadi keinginan melukisnya bukan darri dedikasi sendiri melainkan keinginan orang lain.

Magis

Magis berarti para pelukis membuat seni lukisnya untuk mendatangkan sebuah sihir dengan tujuan yang berbeda beda. Biasanya lukisan ini sifatnya primitif, namun banyak para pelukisnya hanya mengambil tema dengan konsep magis.

Ekspresi

Sudah jelas bahwa para pelukis membuat sebuat lukisan dengan menggunakan perasaanya sendiri, dengan mengutamakan kebribadiannya dan di aplikasikan ke sebuah lukisan dengan isi curahan hatinya sendiri.Bisa berupa bahagia, sedih, kecewa, terharu dan lainnya.

You May Also Like

About the Author: ubay