Pengertian, Jenis, Unsur dan Fungsi dari Sketsa

Pengertian, Jenis, Unsur dan Fungsi dari Sketsa

Masterpendidikan.comPengertian, Jenis, Unsur dan Fungsi dari Sketsa. Bagi kamu yang memiliki minat pada bidang seni, pastinya sudah sering mendengar kata sketsa atau sketch bukan? Tapi tahukah kamu apa yang dimaksud dengan sketsa dan apa saja jenis, unsur serta fungsinya? Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai sketsa yang sangat berguna untuk kamu yang sedang ataupun ingin bergelut dengan dunia seni satu ini.

Pengertian Sketsa

Secara singkat, sketsa merupakan suatu lukisan atau gambar dalam bentuk yang masih kasar dan belum selesai yang nantinya akan membentuk sebuah karya lukis, arsitektur, animasi atau lainnya dan dapat juga dikatakan sebagai gambar pendahuluan atau pra rancangan.

Dan menurut etimologis, sketsa berdasarkan dari bahasa Yunani yaitu “Shedios Estempore” yang memiliki arti “sebuah gagasan tanpa persiapan” dan kemudian diadaptasi ke dalam Bahasa Inggris menjadi “Sketch”. Sketsa dibedakan lagi menjadi dua kelompok, yakni:

  • Seni rupa murni, yang merupakan seni tanpa memperhatikan fungsi ataupun manfaatnya karena hanya bisa digunakan sebagai hiasan.
  • Seni rupa terapan, yang merupakan seni dengan memperhatikan fungsi dan kegunaannya selain keindahan yang disajikan.

Jenis – Jenis Sketsa

Sketsa juga memiliki beberapa jenis yang menyesuaikan dengan keperluannya, seperti berikut ini:

  • Gambar Garis Besar, yakni sketsa yang berbentuk sebuah garis besar yang merupakan sebuah gambar yang belum selesai karena hanya rincian dari gambar yang sederhana atau bisa juga disebut pola awal sebuah gambar.
  • Sketsa Cepat, merupakan garis besar yang sudah selesai dan menunjukkan wujud dari suatu gambar dengan jelas.
  • Studi Citra, merupakan coretan cepat yang juga membentuk sebuah gambar secara global atau menyeluruh namun kurang terperinci dalam penataan pencahayaannya.
BACA JUGA :   11 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

Unsur – Unsur Sketsa

Selain jenis, sketsa juga memiliki unsur yang dapat memberikan gambaran dengan lebih jelas, seperti beberapa berikut ini:

  • Garis, unsur satu ini nantinya yang akan membentuk bidang dalam sebuah gambar, yang juga terdiri dari garis vertikal atau horizontal.
  • Bidang, unsur yang juga merupakan bagian dari bidang ini merupakan gari – garis yang disatukan.
  • Bentuk, unsur satu ini merupakan gabungan dari beberapa bidang agar gambar yang dihasil;kan dapat memiliki makna atau arti dan juga bisa dikenali.
  • Warna, meskipun warna yang dihasilkan oleh sebuah sketsa hanyalah hitam dan putih, namun jika dikombinasikan bisa menghasilkan wana abu – abu yang menjadi salah satu efek gelap terang pada sebuah gambar.
  • Efek Pencahayaan, unsur yang satu ini merupakan unsur yang sangat penting untuk menghasilkan gambar yang jelas dengan kesan yang lebih tegas.

Fungsi dari Sketsa

Meskipun sketsa merupakan gambar ataupun lukisan dalam bentuk yang masih kasar, namun sketsa juga memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

  • Untuk meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi dalam pembuatan sebuah gambar ataupun lukisan.
  • Menjadi tema yang nantinya akan membentuk sebuah lukisan atau gambar.
  • Dapat membantu sang seniman dalam mengamati sesuatu sebelum memulai karyanya.
  • Dapat meningkatkan kemampuan sang seniman untuk mengkoordinasi hasil dari pengamatan dan keterampilan tangannya.

Itulah sedikit penjelasan mengenai sketsa yang bisa kamu jadikan pembelajaraan sebelum memulai proses pembuatan suatu karya. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi tambahan pengetahuan kamu tentang sktesa.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi