Beberapa Kota yang Hilang dari Peradaban

Beberapa Kota yang Hilang dari Peradaban

masterpendidikan.comBeberapa Kota yang Hilang dari Peradaban. Sedikitnya pasti kita pernah mendengar bahwa ada beberapa kota yang hilang tanpa jejak dan akhirnya menjadi sebuah misteri yang tak kunjung terpecahkan. Sebagian orang ada yang percaya itu hanyalah mitos atau cerita fiksi yang masih ragu akan kebenarannya. Dan sebagian lagi percaya bahwa kota – kota tersebut benar adanya.

Sebenarnya, beberapa kota kota tersebut bisa saja benar – benar ada dahulunya, namun penduduk sudah meninggalkannya dan dibiarkan begitu saja. Ada beberapa alasan penduduknya meninggalkan kota tersebut. Seperti adanya bencana alam, suatu wabah, ataupun terjadi perang yang mengharuskan penduduk kota itu pergi untuk mengungsi.

Beberapa Kota yang Hilang

Ada banyak kota hilang dari peradaban yang menarik untuk dibahas untuk menambah wawasan serta pengetahuan kita akan sejarah. Karena beberapa kota tersebut menyimpan banyak misteri yang dapat menjadi pelajaran seperti beberapa kota berikut ini.

Atlantis

Kota Atlantis merupakan salah satu kota hilang yang paling sering menjadi perbincangan banyak orang hingga saat ini yang bermula dari hasil karya Plato yang menggambarkan Atlantis sebagai kota modern yang sangat indah. Menurut penelitian, kota ini hilang karena tenggelam kedalam laut akibat dari kejadian geologis.

Troy

Kota hilang satu ini sering kali dikaitkan dengan kota hilang Atlantis, yang juga telah menjadi kota legenda sebagai pusat sejarah modern. Pada akhir tahun 1871, telah ditemukan tembok Troy secara tidak sengaja yang menjadikan itu sebagai alasan bahwa Troy merupakan kota dengan tembok yang tak terkalahkan. Karena diperkirakan kota Troy dibangun pada reruntuhan kota lain yang telah berkali – kali hancur sehingga tembok Troy menjadi sangat kuat.

BACA JUGA :   Sejarah, Lingkungan Alam, Bahasa, Mata Pencaharian, Agama dan Kepercayaan Suku Dompu

El Dorado

Banyak mitos yang tersimpan tentang kota El Dorado, kota hilang yang digambarkan sebagai kerajaan di Amerika Serikat. Kota El Dorado diyakini sebagai kota emas yang mana rajanya pun berbaju emas. Namun ada fakta lain yang mengatakan bahwa El Dorado bukanlah suatu kota melainkan nama penguasa atau raja yang terlalu kaya dengan berselimut emas.

Memphis

Telah ada sejak 3100SM, kota ini merupakan ibukota Mesir Kuno serta pusat administrasi selama bertahun – tahun hingga penduduk meninggalkan kota tersebut dan pindah ke kota Alexandria dan Tebes hingga hilang dari peradaban dengan sendirinya. Dan hanya Piramida yang menjadi satu – satunya yang tersisa dari kota hilang ini.

Itulah beberapa kota yang hilang dari peradaban dengan segala misterinya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kamu akan sejarah.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi