Cara Sukses Mengajari Anak Belajar Menulis Sejak Dini

Cara Sukses Mengajari Anak Belajar Menulis Sejak Dini

Masterpendidikan.com – Semua orang tua tentunya ingin anak – anaknya untuk memiliki keterampilan sejak dini, salah satunya menulis. Sehingga tak jarang orang tua yang mengajari anak belajar menulis meski belum memasuki usia prasekolah. Dan untuk menunjang hal tersebut, anda selaku orang tua juga perlu mengetahui cara sukses mengajar anak belajar menulis sejak dini agar lebih efektif. Berikut ulasan selengkapnya.

Mengajari Anak Belajar Menulis Sejak Dini

Belajar menulis adalah keterampilan yang sangat penting dan dibutuhkan anak untuk seumur hidupnya. Tidak hanya untuk anak – anak yang telah memasuki usia prasekolah, orang tua juga bisa mengajarkan anak belajar menulis sejak dini untuk mengasah kemampuan motorik halusnya. Dan mengasah kemampuan anak dalam belajar menulis pun bisa dimulai dengan cara mengajari anak menggambar lingkaran, garis lurus, menghubungkan titik – titik atau juga mewarnai.

Cara Sukses Mengajari Anak Belajar Menulis Sejak Dini

Mengajari Anak Belajar Menulis Sejak Dini

Agar anak memiliki kemauan untuk belajar menulis, penting bagi orang tua untuk mengetahui cara untuk mengajarinya, seperti beberapa berikut ini:

1. Ajarkan Anak Untuk Menggenggam Pensil Dengan Benar

Yang pertama bisa kita mulai dengan mengajarkan anak untuk menggenggam pensil dengan benar. Cek kembali apakah posisi ibu jari dan telunjuk anak tidak saling menumpuk dan sudah membentuk huruf “O”. Sebab dengan posisi jari tersebut, anak bisa lebih mudah dan nyaman saat menulis.

BACA JUGA :   Trik Membuat Nomor Sibuk Saat Ada Panggilan Telepon

2. Berikan Pensil yang Mudah Digenggam

Selain mengajari anak untuk menggenggam pensil dengan benar, pastikan juga pensil yang anda berikan mudah untuk anak – anak pegang. Gunakan pensil yang pendek agar anak lebih mudah menggenggam dan menyeimbangkannya dengan jari mereka. Selain pensil, anda juga bisa memberikan krayon agar anak tidak merasa bosan. Sebab warna – warni pada krayon bisa membuatnya lebih bersemangat dan antusias dalam belajar.

3. Berlatih Dimana Saja

Ketika berada di luar rumah, seperti pantai misalnya, anda juga bisa mengajak anak – anak untuk menulis di pasir atau menulis dengan batu di tanah saat berada di taman. Dengan begitu, mereka bisa berlatih dimana saja untuk mengembangkan kemampuan menulisnya.

4. Jangan Pernah Membatasi Anak

Jika anda ingin anak cepat pandai menulis, maka jangan pernah membatasi tulisan mereka. Biarkan mereka berimajinasi dan menulisnya, bisa saja tentang kerajaan luar angkasa, manusia super dan lainnya yang mungkin tidak pernah anda pikirkan sebelumnya. Sebab dengan begitu mereka lebih mudah dalam mengembangkan kemampuan menulis dan berkreasi dari imajinasinya.

5. Buat Suasana Menyenangkan

Dalam mengajari anak belajar menulis sejak usia dininya, anda sebagai orang tua juga perlu untuk menciptakan suasana yang menyenangkan agar anak bisa merasa nyaman dalam menulis dan mengembangkan kemampuannya.

6. Ajari dengan Penuh Kesabaran dan Perlahan

Seringnya orang tua merasa bosan dan kesal saat anak tidak memahami apa yang mereka ajarkan, padahal itu tidak baik. Terlebih mereka yang meminta anaknya untuk menulis dengan rapi, ini akan membuat anak merasa mudah bosan dan akhirnya malas untuk belajar menulis karena mendapatkan desakan. Oleh sebab itu, ajari dengan penuh kesabaran dan lakukan dengan perlahan. Ketika anak merasa lelah atau bosan, berikan semangat dan jangan memaksanya.

BACA JUGA :   Pengertian, Fungsi dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

7. Berikan Pujian

Jangan lupa untuk memberikan pujian dari setiap hasil tulisan yang anak tunjukkan ke anda. Lihat dan nilai prosesnya dengan memberikan pujian. Hargai apa yang mereka hasilkan, baik buruk tulisan anak kita tetap harus menghargainya sebab ini bisa memotivasi mereka dalam menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi.

Itulah beberapa cara sukses mengajari anak belajar menulis sejak dini. Semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi bagi para orang tua yang sedang atau berencana untuk mengajarkan anaknya menulis sejak dini.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi