Siapkan Warisan Keluarga dengan Asuransi

Siapkan Warisan Keluarga dengan Asuransi

Masterpendidikan.comSiapkan Warisan Keluarga dengan Asuransi. Orang tua tentunya ingin melihat anaknya hidup sejahtera meski ia sudah tidak ada di dunia. Salah satu alternatif yang sering digunakan sebagian orang untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan asuransi untuk warisan yang kini sudah banyak macamnya. Bagi kamu selaku orang tua yang sedang memikirkan harta peninggalan untuk anak – anak kelak, maka tidak ada salahnya untuk mempersiapkan warisan keluarga dengan asuransi.

Asuransi Sebagai Warisan

asuransi untuk warisan
asuransi untuk warisan

Para orang tua yang meninggalkan warisan sebagai harta peninggalannya sebenarnya memiliki harapan untuk bisa memberi manfaat bagi kelanjutan hidup anak – anaknya. Bahkan tak sedikit warisan yang bisa diwariskan kembali hingga turun menurun. Meski tabu untuk dibicarakan ketika masih hidup, namun tidak ada salahnya untuk mulai mempersiapkan sejak dini.

Sehingga tak heran jika masih ada sebagian besar orang tua yang tidak mempersiapkannya dan lebih memprioritaskan kebutuhan hidup saat ini. Selain itu, mereka juga merasa belum memiliki harta yang cukup untuk diwariskan. Padahal ini sangat penting untuk dilakukan sedari dini agar tidak ada perselisihan antara ahli waris dan juga untuk mengoptimalkan nilai harta yang menjadi warisan.

Belakangan, sudah banyak orang tua yang sadar untuk mempersiapkannya sejak dini. Dengan memilih asuransi sebagai warisan sebab memiliki nilai pasti dan prosedur yang jelas. Nilai uangnya nanti bisa ditentukan saat penentuan nilai uang pertanggungan asuransi yang dipilih. Dan dengan menyetor premi secara berkala maka kita sudah berhasil mempersiapkan peninggalan yang berharga untuk kemudian hari.

BACA JUGA :   Manfaat Buah Semangka Untuk Kulit

Manfaat Mempersiapkan Warisan Asuransi

Ada beberapa manfaat lainnya dengan mempersiapkan warisan asuransi yakni penerima warisan telah tercatat dengan jelas dalam polis asuransi sejak polis telah terbit sehingga tidak akan menimbulkan perselisihan antar ahli waris. Dan umumnya asuransi juga bisa menjadi alternatif para orang tua yang ingin memberikan warisan untuk anak – anaknya.

Macam – Macam Asuransi Jiwa

Untuk orang tua yang ingin menggunakan asuransi sebagai warisannya, penting untuk mengetahui beberapa macam asuransi jiwa, diantaranya adalah:

1. Asuransi Mega Warisan

Asuransi yang pertama ini merupakan asuransi jiwa berjangka yang mampu memberikan perlindungan terhadap risiko meninggal dunia karena kecelakaan ataupun bukan dan pengembalian premi asuransi ini pun diakhir kontrak asuransi. Dengan asuransi ini penerima manfaat akan mendapatkan 100% uang pertanggungan apabila yang tertanggung meninggal dunia bukan karena kecelakaan pada Masa Asuransi. Sedangkan jika tertanggung hidup hingga Masa Asuransi berakhir dan polis masih berlaku, maka pemegang polis akan mendapatkan 110% sari total premi yang dibayarkan. Bahkan penerima manfaat bisa akan mendapatkan 200% uang pertanggungan apabila tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan pada Masa Asuransi.

2. Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi ini berfungsi untuk memberi proteksi dalam jangka waktu tertentu dan biasanya menawarkan kontrak untuk 5, 10 atau 20 tahun dengan premi yang tetap dan murah. Jika kamu mengutamakan masa depan keluarga khususnya pendidikan anak maka asuransi jiwa ini bisa jadi pilihan kamu. Bahkan sebagai pemegang polis, kamu bisa bebas dalam menentukan besarnya premi yang sesuai dengan kemampuan kamu dan polisnya bisa mencapai miliaran rupiah.

3. Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Asuransi ini bisa memberikan perlindungan seumur hidup dan direkomendasikan untuk kamu yang tidak mempunyai tanggungan serta menginginkan manfaat lebih dari sekedar santunan kematian atau bisa juga sebagai tabungan jangka panjang. Keuntungannya kamu bisa mendapatkan nilai tunai dari premi yang kamu bayarkan dan bisa kamu terima saat kontrak berakhir.

BACA JUGA :   Sejarah Pencak Silat Bela Diri Asli Indonesia

4. Asuransi Jiwa Dwiguna

Kamu bisa mendapatkan dua manfaat pada asuransi ini, yakni sebagai asuransi jiwa berjangka dan tabungan. Sehingga pemegang polis bisa mendapatkan nilai tunai dan premi asuransi yang kamu bayarkan berupa uang pertanggungan apabila tertanggung meninggal dunia dalam periode tertentu. Serta dapat juga mengambil polis asuransi dalam waktu tertentu sebelum masa kontrak berakhir. Sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin memastikan ketersediaan dana pendidikan untuk anak, kebutuhan yang tak terduga dan dana pensiun yang lebih besar.

5. Asuransi Jiwa Unit Link

Asuransi ini merupakan gabungan dari manfaat asuransi dan investasi. Kamu yang ingin berinvestasi namun kurang memahami maka bisa menggunakan asuransi ini sebab banyak agen asuransi yang menawarkannya. Kamu juga bisa mendapatkan jaminan perlindungan dan hasil investasi dengan bunga yang cukup tinggi.

Sekian ulasan kita kali ini dan yang paling penting kamu perlu teliti dalam memilih polis asuransi jiwa sehingga tidak menuai kerugian nantinya. Dan dengan begitu kamu bisa memiliki warisan yang tepat untuk keluarga. Semoga bermanfaat dan dapat menambah informasi untuk kamu yang membacanya.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi