Beberapa Website Mencari Referensi Jurnal

Beberapa Website Mencari Referensi Jurnal

Masterpendidikan.comBeberapa Website Mencari Referensi Jurnal. Jurnal atau karya ilmiah lainnya masih menjadi sesuatu yang kita butuhkan, dan juga merupakan salah satu syarat umum sebuah lembaga pendidikan untuk para siswanya. Dalam pembuatan jurnal, kita pasti memerlukan beberapa sumber atau jurnal lainnya sebagai referensi. Dan, kali ini kita akan membahas beberapa website atau situs yang dapat kamu gunakan untuk menemukan referensi jurnal kamu. Berikut ulasannya.

Pengertian Jurnal

Jurnal merupakan sebuah karya ilmiah yang berisikan laporan penelitan, survei hingga studi literature yang dalamnya terdapat beberapa bagian yang mulai dari judul, abstrak, kata pengantar, kajian pustaka, metodologi, hasil analisis hingga kesimpulan. Dalam pembuatan jurnal juga membutuhkan sumber lain sebagai referensi atau bahan pembanding yang nantinya akan dimunculkan dan kemudian dibahas pada jurnal tersebut.

Website Referensi Jurnal

Jika dulunya, saat pembuatan jurnal kita harus pergi ke perpustaakan atau toko buku lainnya untuk menemukan bahan – bahan referensi jurnal. Kini, dengan kecanggihan teknologi yang ada, kita tidak perlu lagi keluar rumah dengan hanya memanfaatkan website atau situs – situs jurnal atau karya ilmiah lainnya untuk menemukan referensi jurnal kamu. Seperti beberapa berikut ini:

1. Google Scholar

Oleh Anurag Acharya, Google Scholar merupakaan salah satu layanan Google yang memang  khusus untuk para pelajar, mahasiswa hingga akademisi. Sehingga kamu bisa dengan mudah menemukan artikel, jurnal ataupun karya ilmiah lainnya yang sesuai dengan judul jurnal kamu. Bahkan kamu juga bisa membuat perpustakaan pribadi untuk menyimpan hasil pencarian kamu.

BACA JUGA :   Unduh Game Free Fire Max 3.0 Apk 3volution

2. Research Gate

Sama seperti Google Scholar, kamu juga bisa menemukan beberapa artikel, jurnal dan karya ilmiah lainnya untuk menjadi referensi jurnal kamu. Karena Reseacrh Gate ini merupakan salah satu situs web gratis yang juga menjadi alat kolaborasi para ilmuwan sains dengan segala jenis disiplin sehingga dapat mempermudah kamu menemukan judul jurnal yang sesuai dengan judul kamu.

3. Direktori Open Access Journals (DOAJ)

Direktori online ini juga bisa digunakan sebagai media untuk mencari dan menemukan artikel, jurnal atau karya ilmiah lainnya dengan gratis. Kamu juga bisa mencari judul jurnal lebih spesifisik karena disini juga tersedia kategori yang bisa mempermudah pencarian.

4. JSTOR

Satu lagi situs yang bisa kita gunakan untuk mencari bahan referensi pembuatan jurnal kamu. Untuk akses gratis, kamu bisa mendaftar terlebih dahulu pada situsnya sehingga kamu bisa leluasa mencari judul jurnal yang sesuai dengan jurnal yang sedang kamu kerjakan.

Itulah beberapa website untuk mencari referensi jurnal yang bisa kamu akses dengan mudah. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu yang sedang membutuhkan.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi