Ciri-Ciri Ham dan Contoh pelanggaran Ham Ringan

Ciri-Ciri Ham dan Contoh pelanggaran Ham Ringan

Masterpendidikan.com – Ciri-Ciri Ham dan Contoh pelanggaran Ham Ringan. Seperti yang kita ketahui Ham sendiri adalah singkatan dari Hak Asasi Manusia. Namun, cakupan dari ham ini sangatlah luas. Hal ini karena ham sendiri menyangkut sebuah hukum, dan juga norma.

Tanpa kita sadari. Ada banyak pelanggaran ham yang terjadi pada sekitar kita. Entah itu tidak sengaja atau bahkan dengan kesengajaan.

Yang sangat berbahaya adalah ketika terjadi pelanggaran ham tanpa sepengetahuan pelaku  sendiri. Hal tentu penyebabnya adalah karena ketikda tahuan kita mengenai macam Ham dan contoh pelanggaran ham.

Ciri-Ciri Ham Dan Macam-macam Ham

Ciri-Ciri Ham dan Contoh pelanggaran Ham Ringan
Ciri-Ciri Ham dan Contoh pelanggaran Ham Ringan

Oleh karena itu, kali ini masterpendidikan.com akan membahas mengenai ciri-ciri ham dan juga contoh pelanggaran ham ringan yang sering terjadi pada kehidupan sehari-hari.

Bersifat Pasti atau Hakiki

Setiap manusia yang terlahir dalam suatu negara secara otomatis akan mendapatkan hak asasi manusia. Oeh karena itu salah satu ciri ham adalah hakiki.

Universal dan Menyeluruh

Hak asasi manusia tidak memandang apapun. Semua manusia yang hidup dalam suatu negara pasti mendapatkan hak asasinya sebagai manusia. Ham tidak memandang agama, suku, dan warna kulit. Semua manusia berhak atas memiliki ham tanpa ketercuali.

Ham Bersifat Tetap

Selama seorang individu masih hidup dalam suatu negara. Hak asasi manusia akan selalu melekat pada dirinya. Hak asasi manusia itu bersifat tetap dan akan selalu ada selama ia masih memliki nyawa.

Bersifat Utuh

Seperti yang sudah kita jelaskan sebelumnya, ham sendiri memiliki sifat tetap dan universal. Dan juga ham memiliki sifat utuh. Selagi seorang invvidu masih hidup ia akan tetap mendapatkan hak asasi manusianya. Dan juga ham ini sendiri tidak bisa dibagi kepada orang lain. Setiap orang memiliki porsi yang sama dalam ham.

BACA JUGA :   Sikap Terhadap Globalisasi

Contoh pelanggaran Ham Ringan

Ada banya pelanggaran ham yang terjadi sekitaran kita. Terkadang bahkan kita sendiripun melakukannya.

Pelanggaran ham ada dua macam-Pelanggaran berat dan pelanggaran ringan. Pelanggaran ham ringan sering sekali terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa contoh pelanggaran ham ringan.

Ham Kebebasan Berpendapat : Melarang sesorang yang ingin mengeluarkan pendapatnya dalam jalur yang benar. Merupakan sebuah pelanggaran ham.

Hak hidup dan berkembang : Setiap dari kita memiliki hak untuk hidup dan terus berkembang. Jika kamu melihat ada pelarangan untuk hal itu. Itu merupakan sebuah pelaggaran hak asasi manusia.

Ham mendapatkan pendidikan yang layak : Setiap bayi yang terlahir yang terlahir sudah mendapatkan hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Untuk itu ada banyak bantuan sosial dari negara dan organisasi -organisasi lainnya untuk mendukung hak mendapatkan pendidikan yang layak ini.

You May Also Like

About the Author: yudha