Dampak Positif dan Negatif Perubahan Sosial

Dampak Positif dan Negatif Perubahan Sosial

Masterpendidikan.com – Dampak Positif dan Negatif Perubahan Sosial – Perubahan sosial adalah proses perubahan tatanan atau struktur dalam masyarakat, yang mencakup pola pikir menjadi lebih inovatif, sikap, dan juga kehidupan sosial sehingga memperoleh penghidupan yang lebih baik dan bermartabat.

Perubahan sosial adalah peralihan menuju ke arah yang berbeda dalam kehidupan masyarakat. Perubahan dalam berbagai aspek dapat memberikan dampak yang positif maupun negatif, termasuk globalisasi.

Terjadinya perubahan sosial juga menimbulkan dampak bagi masyarakat. Dampak yang ditimbulkan bisa berupa dampak positif maupun dampak negatif. Hal ini memang tidak bisa dihindari terutama dalam perkembangan zaman di era globalisasi seperti sekarang.

Di bawah ini akan kami jelaskan apa saja dampak yang akibat perubahan sosial tersebut.

Dampak Positif dan Negatif Perubahan Sosial

Seiring berjalannya waktu, banyak perubahan yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat yang tentunya akan berdampak pada perubahan pola kehidupan serta karakter didalam masyarakat. baik itu berupa dampak positif, maupun berupa dampak negatif.

Dampak Positif

Hal ini menunjukkan bahwa perubahan bentuk sosialisasi yang terjadi dalam individu tersebut ataupun suatu kelompok telah menimbulkan sesuatu yang berfaedah ataupun perubahan ke arah yang lebih baik, baik di dalam jasmaninya ataupun rohaninya. Apa sajakah dampak positifnya?

  • Adanya penemuan – penemuan baru tersebut dapat membantu aktivitas manusia.
  • Membentuk pola pikir masyarakat agar lebih rasional dan ilmiah.
  • Bermunculan ide – ide kreatif yang sesuai dengan perkembangan zaman.
  • Perkembangan ilmu – Pada era modern setiap orang akhirnya bisa menikmati bercocok tanam lewat media air ataupun hidroponik.
BACA JUGA :   Sejarah Candi Borobudur dan Misteri Candi Borobudur

Dampak Negatif

  • Masuknya kebudayaan dari luar yang tidak sesuai dengan nilai dan norma – norma yang telah terbentuk.
  • Dapat menghilangkan kebudayaan asli dari suatu wilayah atau negara.
  • Bermunculan penyimpangan – penyimpangan sosial yang  baru.

Sebenarnya dampak negatif dalam perubahan sosial akan muncul jika aturan-aturan seperti nilai dan norma sosial diterapkan sesuai dengan perrkembangan di zaman era modern saat ini.

Cara mengatasi perubahan sosial budaya

Berikut ini hal-hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya:

  1. Meningkatkan eksistensi jati diri bangsa berbasis budaya dan kepribadian bangsa.
  2. Menumbuhkan sifat loyalitas terhadap NKRI.
  3. Meningkatkan sosialisasi budaya.

Semoga informasi dapat membantu anda untuk lebih mudah bersosialisasi terhadap lingkungan dalam keadaan situasi yang berbeda.

You May Also Like

About the Author: admin