Langkah Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan

Langkah Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan

Masterpendidikan.com – Langkah Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan. Langkah membuat Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) tidak begitu susah.

Masalahnya tidak berbeda jauh dengan pengurusan surat izin usaha yang lain, SIUP bisa dibikin di Kantor Dinas Perdagangan tingkat kabupaten atau di Kantor Servis Perizinan.

Langkah Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan
Langkah Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan

Langkah-langkah Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan

Atau, kamu juga bisa tiba ke Kantor Tubuh Servis Hal pemberian izin Terintegrasi (BP2T). Nah, kamu perlu bawa arsip kriteria berbentuk beberapa dokumen sesuai macam usaha yang kamu punya, lalu kerjakan tingkatan langkah membuat SIUP berikut ini.

Mengambil Formulir Registrasi

Kamu dapat memperoleh formulir registrasi atau surat pengakuan di Kantor Dinas Perdagangan. Karena itu, kamu langsung bisa tiba ke posisi itu sekalian bawa berkas-berkas yang diperlukan (agar tidak bolak balik).

Isi serta Tanda-tangani Formulir Registrasi

Sesudah formulir didapat, selekasnya isi sesuai perintah di kolom yang sudah disediakan. Isikan dengan data yang komplet dan betul.

Selanjutnya, berikan materai untuk formulir yang telah kamu isi serta tambahkan tanda-tangan di atasnya. Tanda-tangan atas materai ini dlaksanakan oleh pemilik usaha, Direktur Penting, atau Penanggung Jawab perusahaan.

Selesai isi serta tanda-tangani formulir atau surat permintaan, langsung foto copy formulir itu sekitar 2 rangkap serta buat jadi 1 dengan arsip/dokumen yang kamu perlukan selaku kriteria.

Surat kuasa bermaterai kamu butuhkan bila kamu memberi kuasa ke seseorang untuk mengatur SIUP, karena kamu tidak mempunyai waktu untuk itu.

Bayar Ongkos Pembuatan SIUP

Besaran ongkos atau biaya pengerjaan SIUP berbeda, bergantung dari bertempat masing-masing. Ini tertata dalam Ketentuan Wilayah di tiap daerah.

BACA JUGA :   Pengertian Peribahasa Beserta Contohnya Lengkap

Jadi, tiap wilayah mempunyai besaran ongkos pengerjaan SIUP yang berbeda.

Ambil SIUP Kamu

Sesudah seluruh arsip dberikan ke petugas Kantor Dinas Perdagangan, kamu perlu menanti prosesnya dalam kurun waktu 2 (2) minggu. Faksi petugas yang berkaitan akan mengontak kamu untuk selekasnya ambil SIUP yang telah jadi.

You May Also Like

About the Author: yudha