Contoh Soal OSN IPS SMP 2020/2021

Contoh Soal OSN IPS SMP 2020/2021

Masterpendidikan.com — Contoh Soal OSN IPS SMP 2020/2021 — Di kesempatan kali ini admin akan memberikan latihan soal OSN IPS SMP dan kunci jawaban terbaru 2020/2021.

Salah satu jenis kompetisi yang bergengsi di jenjang SMP/MTS adalah OSN (Olimpiade Sains Nasional). Peranan generasi muda dalam bidang Sains untuk saat ini sangat dibutuhkan. Dengan berpartisipasi dalam Kompetisi dibidang Sains ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi besar bagi bangsa Indonesia kedepan.

Apa itu OSN (Olimpiade Sains Nasional)?

OSN adalah ajang berkompetisi bagi siswa di semua jenjang untuk memperebutkan gelar juara pada puncaknya yaitu OSN. Dan untuk mencapai hal itu, ada tahap demi tahap seperti OSK dan OSP dan babak penyisihan.

Tujuan OSN SMP

Output dari pelakasaan OSN ini diharapkan agar dapat:

  1. Dapat meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia, pada bidang SAINS
  2. Mengembangkan Potensi Pelajar, yaitu terutama pada bidang Matematika, IPA, dan IPS agar dapat lebih optimal.
  3. Meningkatkan kemampuan dari Siswa/Siswi SMP/MTS untuk selalu berpikir kritis, logis, dan inovatif dalam bidang Sains.
  4. Memberikan penghargaan kepada siswa/siswi yang berprestasi dalam bidang Sains.

Contoh Soal OSN IPS SMP 2020/2021

IPS menjadi salah satu mata pelajaran yang dikompetisikan pada OSN SMP. Dengan mengikuti Olimpiade Sains bidang IPS , diharapakan mengembangkan kemampuan berpikir dari Siswa/Siswi agar lebih kritis dan kreatif, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan sosial. Serta membangun komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.

Berikut ini link download, bentuk soal OSN IPS SMP:

  • Contoh soal OSN IPS SMP 2020 (Unduh).
  • Contoh soal OSN IPS SMP 2020 (Unduh2).
BACA JUGA :   Tujuan dan Asas Pembangunan Nasional Indonesia

Soal berbentuk pilihan ganda. Silahkan memilih salah satu dari pilihan jawaban soal antara a, b, c, atau d. Usahakanlah kerjakan sesuai kemampuanmu terlebih dahulu.

Demikianlah informasi mengenai Kumpulan Soal KSN/OSN SMP untuk persiapan mengikuti seleksi Olimpiade Sains tahun ajaran 2020,2021. Semoga Bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: admin