Jurusan Kuliah untuk Anak IPS

Jurusan Kuliah untuk Anak IPS

Masterpendidikan.com — Jurusan Kuliah untuk Anak IPS — Memilih jurusan kuliah bukanlah hal mudah. Apalagi sebentar lagi kita akan memasuki masa pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN 2020.

Meskipun ada banyak bidang untuk jurusan kuliah, namun jurusan dengan prospek karir bagus masih dipegang oleh jurusan terkait ekonomi dan bisnis. Jurusan-jurusan tersebut memiliki banyak peminatnya setiap tahun lataran memiliki peluang kerja yang jelas. Selain itu, jurusan-jurusan tersebut memiliki gaji yang cukup tinggi serta masih berpeluang untuk meningkat dalam beberapa tahun ke depan.

Jurusan Kuliah untuk Anak IPS

Berikut beberapa jurusan yang dapat kamu pilih:

1. Sastra

Kalau kamu senang belajar bahasa baru, prodi Sastra adalah pilihan yang cocok. Sastra sangat banyak macamnya, mulai dari Sastra Inggris, Sastra Jerman, Sastra Jepang, Sastra Prancis, Sastra Rusia, Sastra Cina, Sastra Jawa, dan lain sebagainya. Pilih saja mana yang paling sesuai dengan minatmu.

2. Ilmu Komunikasi

Meski namanya ilmu komunikasi, di jurusan ini kamu tidak hanya belajar cara berkomunikasi. Pelajaran-pelajaran seru seperti public speaking, menulis berita, fotografi, desain dan animasi, membuat iklan, dan film juga dipelajari dalam jurusan ini.

Intinya, kamu akan belajar secara lebih dalam mengenai aspek-aspek komunikasi, baik secara teori dan praktik.

3. Bisnis & Manajemen

Lulusan bisnis & manajemen banyak dibutuhkan di perusahaan-perusahaan besar untuk membuat kebijakan, merencanakan sumber daya, mengarahkan bisnis secara keseluruhan dan mengimplementasikan strategi. Jika kamu berjiwa wirausaha dan ingin membuka usaha sendiri, gelar ini akan menjadi bekal yang mantap untukmu.

4. Jurusan Ekonomi

Hampir semua lapangan pekerjaan membutuhkan lulusan ilmu ekonomi, baik di sektor swasta maupun pemerintah. Hal ini karena jurusan ekonomi mengajarkan skill-skill utama yang dibutuhkan di pasar kerja. Jadi tidak heran jurusan ekonomi selalu menjadi jurusan populer untuk lulusan IPS.

BACA JUGA :   Bentuk dan Jenis Interaksi Sosial

5. Psikolog

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku, pikiran, dan mental manusia. Nah, kalau kamu senang mengamati perilaku orang-orang sekitar dan penasaran, jurusan Psikologi adalah opsi yang sangat cocok.

6. Bisnis dan Manajemen

Bercita-cita jadi pengusaha sukses? Atau ingin belajar lebih banyak tentang Akuntansi, Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Keuangan? Ambil saja jurusan Bisnis dan Manajemen. Program studi ini selalu ramai peminat karena prospek ke depannya yang cemerlang.

7. Ilmu Politik

Setelah lulus kuliah, kamu yang mengambil Prodi Ilmu Politik tak serta merta menjadi politikus, namun kamu bisa mengembangkan karier sebagai:
  • Analis politik
  • Dosen Peneliti
  • Aktivis LSM
  • Jurnalis politik Humas.

8. Jurusan Akuntansi

Jurusan akuntansi adalah salah satu jurusan menggiurkan dengan gaji yang menjanjikan. Setiap perusahaan membutuhkan lulusan akuntansi untuk menghitung rugi laba. Laporan ini selain untuk mengevaluasi kinerja perusahaan juga membantu menentukan strategi masa depan suatu perusahaan.

Nah itulah 8 Jurusan kuliah yang bisa kamu ambil sesuai dengan keinginan dan kemapuanmu!

You May Also Like

About the Author: admin