Sejarah Masjid Hagia Sophia dan Artinya

Sejarah Masjid Hagia Sophia dan Artinya

Masterpendidikan.com – Sejarah Masjid Hagia Sophia dan Artinya. Pertengahan tahun 2020 kita sangat terkejut mendengat sebuah berita besar. Berita sebuah bagunan bersejarah yang sebelumnya merupakan sebuah museum, berubah fungsi menjadi mesjid. Namun, sebelum itu semua, ada sejarah yang cukup menari dari perjalanan sejarah hagia sophia ini. Berikut perjalananya.

Sejarah Masjid Hagia Sophia dan Artinya

hagia sophiaadalah Sebuah bangunana yang memiliki sejarah panjang yang bernama hagia sophia atau dalam bahasa turki sering mereka sebut dengan Ayasofya, memiliki beberapa cerita menarik dalam perjalanan sejarahnya.

Sejarah Masjid Hagia Sophia dan Artinya
Sejarah Masjid Hagia Sophia dan Artinya

Merupakan Sebuah Gereja dan Katedral

Pada era kekaisaran Bizantium, awalanya bangunan ini memang di bangun sebagai sebuah gereja kristen ortodok yunani, pada tahun 360 masehi. Pembangunan ini merupakan prakarsa dari Kekaisaran Bizantium, Constantinus.

Hagia Sophia Pernah Menjadi Masjid

Setelah sempat menjadi bangunan gereja untuk kristen ortodok pada masa itu, hagia sophia berubah fungsi menjadi sebuah mesjid pada tahun 1453. Yang mana perubahan itu terjadi pada era kesultanan ottoman yaitu sultan mahmed 2.

Yang mana pada saat itu, sultan mahmed dari kesultanan ottoman berhasil menaklukan konstatinopel dan pada saat itu juga status helgia sophia yang sebelumnya merupakan sebuah gereja menjadi sebuah mesjid.

Berubah Menjadi Museum

Pada tahun 1934 era kekaisaran attoman pun runtuh, dan Turki pun berubah sistem pemerintahannya  menjadi sebuah negara republik. Yang menjadi preside pertama pada saat turki berubah menjadi sebuah negara republik saat itu adalah Mustafa Kemal Ataturk, dan beliau sekaligus merubah higia sophia yang sebelumnya merupakan masjid menjadi sebuah museum.

BACA JUGA :   Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai

Dengan berubahnya status hagia sophia menjadi sebuah museum, dekorasi pun mereka ubah secara besar-besaran. Dan pada akhirnya bangunan tersebut di tetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia pada tahun 1985.

Kembali Menjadi Masjid

Akhirnya hagia sophia kembali berubah menjadi sebuah mesjid pada tahun 2020 pada masa pemerintahan presiden Erdogan. Dan dengan demikian status hagia yang sebelumnya merupakan sebuah museumpun berubah menjadi masjid. Dan pada Jumat, 24 juli 2020 menjadi sebuah hari bersejarah bagi muslim turki, yang mana hari tersebut merupakan hari pertama di laksanakanya kembali sholat jumat pada masjid hagia spohia setelah 86 tahun.

Hingga saat ini masjid hagia sophia pun mulai berubah dekorasinya di sesuaikan dengan corak islam, dan sudah terdapat berbagai macam bentuk kaligrafi. Demikianlah artikel yang berisikan mengenai Sejarah Masjid Hagia Sophia dan Artinya, semoga dapat membantu kamu.

You May Also Like

About the Author: yudha