Panduan Investasi Saham Untuk Investor Pemula

Panduan Investasi Saham Untuk Investor Pemula

Masterpendidikan.com – Bagi seorang investor mendapatkan cuan tinggi tentu merupakan tujuan utamanya, namun untuk memudahkan jalannya dibutuhkan panduan yang mumpuni, terlebih untuk para pemula. Untuk itu, postingan kali ini akan membantu kamu yang hendak ikut berkecimpung di pasar saham, karena pembahasan kita adalah panduan investasi saham untuk investor pemula. Simak ulasan selengkapnya.

Keuntungan Berinvestasi Saham

Sebelum membahas panduan yang tepat dalam berinvestasi saham, ada baiknya untuk terlebih dahulu mengetahui keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan berinvestasi saham, yakni seperti beberapa berikut ini:

1. Transparansi

Pasar saham memiliki sistem kerja yang transparan guna memenuhi kebutuhan orang, baik itu investor maupun tidak. Hal ini bertujuan untuk memastikan dan menyakinkan para investor bahwa dana mereka tidak akan berisiko karena propaganda maupun masalah internal perusahaan.

2. Kepemilikan

Saat membeli saham suatu perusahaan, artinya kita juga memiliki status kepemilikan pada perusahaan tersebut. Bahkan semakin besar saham maka semakin penting suara kita dalam pengambilan keputusan untuk bisnis tertentu.

3. Memiliki Kesempatan Berinvestasi di Pasar Saham Seluruh Dunia

Karena sifatnya yang global dan transparan, membuat kita bisa dengan mudah menanamkan dana investasi ke perusahaan mana saja yamg terdaftar di bursa efek. Bahkan kamu juga bisa berinvestasi pada perusahaan luar agar tidak terlalu banyak pesaing.

Panduan Investasi Saham Untuk Investor Pemula

Saat kamu sudah mengetahu keuntungan dari berinvestasi saham, maka berikut panduan yang bisa kamu ikuti guna mendapatkan serta memaksimalkannya dengan baik.

1. Beli Saham dengan Fundamental Keuangannya Yang Baik dan Sehat

Ada baiknya untuk membaca portofolio dari perusahaan yan sahamnya hendak kita beli, baik melalui screening maupun filtering dan pilih yang fundamental keuangannya paling baik. Dengan begitu kita bisa menekan kerugian yang mungkin saja terjadi atau bisa juga untuk mendapatkan keuntungan yang banyak.

BACA JUGA :   Apakah Signal Menjadi Pesaing WhatsApp ? dan Apa itu Signal ?

2. Pilih Sekuritas yang Memiliki Biaya Transaksi Rendah

Selanjutnya kita perlu memilih sekuritas yang memiliki biaya transaksi rendah, karena dengan begitu kita bisa lebih mudah mendapatkan keuntungan yang besar. Namun biasanya biaya sekuritas juga ditentukan dengan kualitas aplikasi daj pelayanannya.

3. Belilah Saat Harga Saham Turun

Ini sebenarnya sudah umum dilakukan oleh para investor pemula, karena banyak kasus dimana membeli saat harga turun dan kemudian naik atau normal kembali, para investor pun mendapatkan keuntungan yang maksimal. Namun tetap saja kita harus hati – hati dan selalu bijak dalam mempertimbangkan segala macam aspek lainnya.

4. Gunakan Aplikasi Riset Analisa Saham

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi riset analisa saham yang akan merekomendasikan saham pilihan untuk kamu. Emiten.com adalah aplikasi platform komunitas saham dimana menjadi tempat para investor, trader, analis hingga perusahaan publik berkumpul.

Setiap harinya para analis berpengalaman yang tersertifikasi dan terverifikasi akan membagikan rekomendasi saham dan semua saran rekomendasi saham tersebut hanya bersifat informasi semata bukan ajakan karena emiten.com tidak teraffiliasi dengan institusi keuangan apapun. Aplikasi yang telah menduduki posisi Top 3 Grossing dalam kategori finance ini juga memiliki banyak fitur bermanfaat untuk para investor pemula.

Sedikit info untuk yang ingin menggunakan layanan berlangganannya, aplikasi ini sedang mengadakan promo. Kamu bisa mendapatkan akses selama 12 bulan penuh hanya dengan harga Rp.229.000 dan Rp. 39.000 per bulannya. Namun terlebih dahulu, kamu harus mendownloadnya melalui Playstore.

Demikianlah ulasan mengenai panduan investasi saham untuk investor pemula. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi tambahan informasi untuk kamu yang sedang atau akan menyelami dunia investasi.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi